Abstract:
Kafe Le Cordon (LC) merupakan kafe yang terletak di Desa Ciburial, Dago Pakar Atas. Aktivitas
bauran pemasaran (7P) telah dikembangkan secara perlahan oleh pemilik Kafe LC. Akan tetapi, aktivitas ini
tidak memberikan dampak yang besar kepada konsumen untuk datang kembali ke Kafe LC. Maka dilakukan
wawancara untuk mengetahui keluhan dari pengunjung disusun model penelitian dimana terdapat dugaan
bahwa bauran pemasaran jasa (7P) berpengaruh langsung terhadap minat beli ulang. Variabel penelitiannya
yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik, dan minat beli ulang. Untuk mengukur variabel
penelitian ini, dilakukan operasionalisasi variabel sehingga didapatkan 41 buah indikator. Dari hasil penyebaran
kuesioner, didapatkan data sejumlah 121 buah. Untuk mengetahui mana dari ke-7 buah variabel bebas yang
berpengaruh, dilakukan pengujian menggunakan metode PLS-SEM. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel
yang mempengaruhi minat beli ulang secara signifikan adalah variabel product, price, dan promotion.
Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh, dirancang usulan perbaikan untuk ketiga variabel sebanyak 11
buah usulan.