Perancangan mobile game yang persuasif untuk meningkatkan aktivitas fisik anak Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Suhartono, Kurniawan Yusuf
dc.date.accessioned 2018-02-06T05:47:59Z
dc.date.available 2018-02-06T05:47:59Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113156
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5099
dc.description 4524 - FTI en_US
dc.description.abstract Seiring perkembangan zaman, teknologi merupakan salah satu peranan penting dalam kehidupan manusia. Smartphone adalah salah satu teknologi yang sangat sering dipakai oleh kebanyakan orang. Smartphone sekarang ini dipakai untuk tujuan yang berbeda-beda contohnya adalah menggunakan media sosial, berhubungan dengan orang lain dan bermain games. Game yang berada didalam smartphone disebut dengan mobile games. Smartphone zaman sekarang tidak hanya dipakai oleh orang dewasa, anakanak pun ikut memakainya. Menurut South East Asia Nutrition Survey (SEANUTS) (2011), lebih dari 57% anak-anak Indonesia berumur 6 sampai 12 tergolong anak yang tidak aktif secara fisik, yang artinya berlebihnya waktu berada didepan layar. Sebanyak 62,2% anak laki-laki dan 52,3 % anak perempuan yang tergolong tidak aktif, serta sebesar 57,9% merupakan anak-anak yang tinggal didaerah perkotaan dengan ekonomi yang menengah keatas. Menurut Bank Dunia, yang dimaksud dengan kalangan menengah keatas adalah orang-orang dengan penghasilan di atas Rp 6 juta (Widiatmanti, 2015). Oleh karena itu akan dibuat mobile game interaktif yang dapat merubah sikap atau perilaku anak Sekolah Dasar saat bermain game, dari yang malas bergerak menjadi melakukan aktivitas fisik. Prototipe dibuat dengan menggunakan software just in mind menjadi prototipe high fidelity. Setelah dibuat prototipe dilakukan evaluasi apakah prototipe yang dibuat sudah mencapai tujuan yaitu meningkatkan aktivitas fisik anak Sekolah Dasar. Hasil dari wawancara evaluasi dengan responden menunjukan 100% mengatakan mobile game persuasif yang dirancang bagus, 87% mengatakan mobile game persuasif memotivasi responden, dan 87% dapat meningkatkan aktivitas fisik. Sedangkan hasil wawancara dengan orang tua responden menunjukan bahwa 80% mengatakan mobile game persuasif baik untuk anak dan 80% mengatakan fitur dari mobile game persuasif sudah bagus. Setelah evaluasi dilakukan disimpulkan bahwa mobile game persuasif yang dirancang sudah dapat mengindikasikan peningkatkan aktivitas fisik anak sekolah dasar. Tetapi terdapat fitur-fitur game yang belum dapat dijalankan dengan sempurna dan desain game sebaiknya diperbaiki. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Mobile Game en_US
dc.subject Anak SD en_US
dc.subject Persuasif en_US
dc.subject Aktivitas fisik en_US
dc.subject Screen time en_US
dc.title Perancangan mobile game yang persuasif untuk meningkatkan aktivitas fisik anak Sekolah Dasar en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account