dc.contributor.advisor |
Sitorus, Hotna Marina Rosaly |
|
dc.contributor.advisor |
Herawati, Yani |
|
dc.contributor.author |
Widjaja, Adrian Hartanto |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-02T09:40:28Z |
|
dc.date.available |
2018-02-02T09:40:28Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.other |
6113052 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/5080 |
|
dc.description |
4503 - FTI |
en_US |
dc.description.abstract |
Seiring dengan berjalannya waktu, industri layanan transportasi semakin mengalami
perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut menyebabkan adanya persaingan yang semakin ketat
dalam mendapatkan perhatian pelanggan. Salah satu industri layanan yang bersaing untuk
mendapatkan perhatian pelanggan adalah Mitra Travel yang menjadi objek penelitian kali ini. Dalam
beberapa tahun terakhir, Mitra Travel mengalami penurunan jumlah penumpang. Menurut manajer Mitra
Travel, salah satu penyebab penurunan ini adalah rendahnya kualitas layanan di Mitra Travel. Hal ini
dibuktikan dengan melakukan wawancara dengan penumpang Mitra Travel yang menunjukkan berbagai
keluhan dari segi layanan dan transportasi. Keluhan tersebut menunjukkan bahwa terdapat
ketidakpuasan pada penumpang Mitra Travel.
Penelitian ini menggunakan metode IGA (Improvement Gap Analysis). Metode ini digunakan
untuk mengetahui celah perbaikan yang diperoleh dari hasil analisis. Penentuan atribut pada penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dengan metode CIT sehingga dihasilkan 20 atribut.
Kemudian dilakukan pemetaan matriks IGA untuk seluruh atribut. Berdasarkan pemetaan pada matriks
IGA usulan perbaikan diprioritaskan pada kuadran I sejumlah tujuh atribut. Kemudian dilakukan
identifikasi untuk mengetahui akar permasalahan dari masing-masing atribut. Melalui akar permasalahan
tersebut dilakukan pemberian usulan perbaikan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan
penumpang.
Terdapat 20 usulan perbaikan yang telah diterima oleh manajer Mitra Travel. Usulan-usulan
tersebut dikelompokkan kedalam lima kelompok yaitu penambahan pekerja baru, pemberian usulan
perbaikan pada aturan di Mitra Travel, pemberian usulan perbaikan pada sistem pemilihan sopir,
penambahan tools dalam mobil dan penambahan tools dalam kantor. |
en_US |
dc.publisher |
Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Mitra Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis |
en_US |
dc.subject |
Perbaikan mutu layanan |
en_US |
dc.subject |
kepuasan pelanggan |
en_US |
dc.subject |
Improvement Gap Analysis |
en_US |
dc.subject |
travel |
en_US |
dc.title |
Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Mitra Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis |
en_US |
dc.type |
Unpublished Student Papers |
en_US |