Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Mitra Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.advisor Herawati, Yani
dc.contributor.author Widjaja, Adrian Hartanto
dc.date.accessioned 2018-02-02T09:40:28Z
dc.date.available 2018-02-02T09:40:28Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113052
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5080
dc.description 4503 - FTI en_US
dc.description.abstract Seiring dengan berjalannya waktu, industri layanan transportasi semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut menyebabkan adanya persaingan yang semakin ketat dalam mendapatkan perhatian pelanggan. Salah satu industri layanan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pelanggan adalah Mitra Travel yang menjadi objek penelitian kali ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Mitra Travel mengalami penurunan jumlah penumpang. Menurut manajer Mitra Travel, salah satu penyebab penurunan ini adalah rendahnya kualitas layanan di Mitra Travel. Hal ini dibuktikan dengan melakukan wawancara dengan penumpang Mitra Travel yang menunjukkan berbagai keluhan dari segi layanan dan transportasi. Keluhan tersebut menunjukkan bahwa terdapat ketidakpuasan pada penumpang Mitra Travel. Penelitian ini menggunakan metode IGA (Improvement Gap Analysis). Metode ini digunakan untuk mengetahui celah perbaikan yang diperoleh dari hasil analisis. Penentuan atribut pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara dengan metode CIT sehingga dihasilkan 20 atribut. Kemudian dilakukan pemetaan matriks IGA untuk seluruh atribut. Berdasarkan pemetaan pada matriks IGA usulan perbaikan diprioritaskan pada kuadran I sejumlah tujuh atribut. Kemudian dilakukan identifikasi untuk mengetahui akar permasalahan dari masing-masing atribut. Melalui akar permasalahan tersebut dilakukan pemberian usulan perbaikan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan penumpang. Terdapat 20 usulan perbaikan yang telah diterima oleh manajer Mitra Travel. Usulan-usulan tersebut dikelompokkan kedalam lima kelompok yaitu penambahan pekerja baru, pemberian usulan perbaikan pada aturan di Mitra Travel, pemberian usulan perbaikan pada sistem pemilihan sopir, penambahan tools dalam mobil dan penambahan tools dalam kantor. en_US
dc.publisher Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Mitra Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis en_US
dc.subject Perbaikan mutu layanan en_US
dc.subject kepuasan pelanggan en_US
dc.subject Improvement Gap Analysis en_US
dc.subject travel en_US
dc.title Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Mitra Travel dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account