Perancangan ulang halte bus Trans Metro Bandung menggunakan metode Kansei Engineering

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herawati, Yani
dc.contributor.advisor Ariningsih, Paulina Kus
dc.contributor.author Herawati, Yani
dc.date.accessioned 2018-02-02T07:09:17Z
dc.date.available 2018-02-02T07:09:17Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113078
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5053
dc.description 4576 - FTI en_US
dc.description.abstract Halte merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menaikan atau menurunkan penumpang. Waktu tunggu yang tidak tetap, membuat konsumen harus menunggu di halte dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, dibutuhkan halte yang dapat menimbulkan rasa senang dan membuat kegiatan menunggu di halte bus menjadi tidak membosankan. Kansei Engineering merupakan salah satu metode perancangan produk yang melibatkan Kansei (emosi/perasaan) konsumen (Nagamachi, 2011). Kansei Engineering dimulai dari identifikasi Kansei words. Dari 12 sampel produk halte bus yang dinilai memiliki rancangan yang baik, didapat 120 Kansei words yang menunjukkan emosi konsumen terhadap halte bus. Kansei words kemudian direduksi ke dalam 19 kelompok yaitu baru, mudah diadaptasi, elok, awet, interaktif, bersemangat, aman, mengesankan, sederhana, cocok, bersih, efisien, canggih, ramah lingkungan, unik, berseni, memudahkan, efektif, dan nyaman. 19 kelompok tersebut digunakan dalam penilaian 12 sampel produk halte bus melalui kuesioner skala Semantic Differential. Hasil penilaian kemudian diuji menggunakan analisis faktor. Terdapat dua faktor yang dibentuk dan diberi nama mengesankan dan sederhana. Proses sintesis dan perancangan usulan halte bus dilakukan secara kolaboratif bersama seorang Staf Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota dan seorang Arsitek. Didapat dua alternatif rancangan usulan halte bus, yang kemudian dievaluasi melalui kuesioner dan wawancara. Berdasarkan evaluasi melalui kuesioner dan wawancara, didapat bahwa rancangan usulan halte bus 1 memiliki nilai tertinggi untuk kedua faktor yang memiliki nilai faktor mengesankan sebesar 4,376 dan faktor sederhana sebesar 4,265. Dengan nilai faktor tersebut, maka dapat dikatakan bahwa rancangan usulan halte bus 1 dapat memunculkan emosi yang positif dari sudut pandang responden. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Halte Bus en_US
dc.subject Human Centered Design en_US
dc.subject Kansei Engineering en_US
dc.subject Kansei Design en_US
dc.subject Perancangan Ulang en_US
dc.title Perancangan ulang halte bus Trans Metro Bandung menggunakan metode Kansei Engineering en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account