Usulan bauran komunikasi pemasaran Toko Online Sepatulokal.id dengan menggunakan pendekatan Integrated Marketing Communication

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author The, Arief Sugiarto Sentosa
dc.date.accessioned 2018-02-01T09:33:46Z
dc.date.available 2018-02-01T09:33:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113029
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5026
dc.description 4555 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko online sepatulokal.id merupakan toko yang menjual berbagai macam sepatu dan sebagian tas khusus pria dengan menjalankan sistem dropshipping. Dalam menjalankan dropshipping, terdapat target penjualan sebesar Rp 30.000.000,00 yang harus dipenuhi pada bulan Januari 2017. Akan tetapi, pada bulan tersebut hanya didapatkan Rp 17.604.000,00 yang masih jauh dari target penjualan. Saat ini, alat-alat promosi yang dijalankan hanya dijalankan sesuka hati saja tanpa perencanaan yang jelas. Alasan kuatnya karena tidak diketahui cara penggunaan alat-alat promosi tersebut untuk mendongkrak penjualan. Penggunaan Integrated Marketing Communication (IMC) merupakan cara yang tepat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Variabel penelitian terdiri dari advertising, sales promotions, direct marketing, dan public relations yang didapatkan dari studi literatur dan wawancara. Pada awalnya, terdapat 4 variabel dan 22 atribut penelitian valid yang direduksi menjadi hanya 3 variabel dan 10 atribut penelitian dengan penggunaan teknik importance performance analysis (IPA). Tahapan selanjutnya yaitu perancangan IMC yang terdiri dari target pasar disesuaikan dengan profil konsumen saat ini, tujuan yang ingin dicapai untuk meningkatkan awareness, pesan yang ingin disampaikan adalah produk lokal handmade terbaik hanya untuk Gentleman, channel yang digunakan tipe non personal, total biaya dibutuhkan Rp 3.950.000,00, dan urutan prioritas bauran komunikasi pemasarannya yaitu advertising, sales promotions, dan public relations. Hasil rancangan IMC untuk advertising terdiri dari Instagram advertising, paid promote, dan penggunaan google adwords. Sedangkan untuk sales promotions terdiri dari voucher diskon 10%, potongan harga 25 ribu, free ongkir, dan bonus kaos kaki. Untuk yang terakhir yaitu public relations terdiri dari konten how to looks gentleman dan gentleman journal. Hasil rancangan yang dibuat diimplementasikan selama 1 bulan di bulan Mei 2017 dan berhasil mendapatkan total omzet penjualan Rp 33.819.000,00. Hal ini membuktikan bahwa rancangan IMC yang dibuat berhasil mencapai target penjualan per bulan yang ditetapkan. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Integrated Marketing Communication en_US
dc.subject Komunikasi Pemasaran en_US
dc.subject Toko Online en_US
dc.title Usulan bauran komunikasi pemasaran Toko Online Sepatulokal.id dengan menggunakan pendekatan Integrated Marketing Communication en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account