Usulan strategi PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) dalam mengembangkan bisnis Content Delivery Network (CDN) di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Santoso, Churiah Agustini
dc.contributor.author Prawindra, Muhammad Satryo
dc.date.accessioned 2018-02-01T09:26:28Z
dc.date.available 2018-02-01T09:26:28Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6111084
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5024
dc.description 4476 - FTI en_US
dc.description.abstract CDN pada dasarnya merupakan teknologi akselerator kecepatan internet sehingga akses internet lebih real time. Tingginya angka penggunaan internet juga memicu pertumbuhan bisnis CDN secara global, termasuk di Indonesia. Indonesia dengan penetrasi internet yang tinggi dan pengguna layanan internet, baik fixed maupun mobile, yang meningkat pesat setiap tahunnya, membuat perusahaan telekomunikasi (telco) mulai merambah ke bisnis CDN ini. Dengan semakin banyaknya perusahaan telco yang merambah ke bisnis CDN ini diperlukan strategi bisnis yang baik untuk memenangkan persaingan di industri bisnis CDN ini. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan rekomendasi strategi bisnis kepada PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) untuk mengembangkan bisnisnya di bidang CDN. Sebagai anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Group yang memiliki spesialisasi di bidang IT based business solutions, Telin juga telah bergerak di beberapa bidang value chain dari bisnis CDN ini, seperti network infrastructure dan content hosting. Saat ini Telin memiliki kerjasama dengan Akamai, EdgeCast dan Conversant dalam mengembangkan bisnis CDN ini dan dengan Telkom dan Telkomsigma untuk layanan CDN di dalam negeri. Perumusan strategi dilakukan dengan mengidentifikasi 2 faktor besar, yaitu faktor eksternal dan internal. Analisis faktor eksternal dengan melakukan analisis macro environment dan Porter’s 5 forces, sedangkan analisis faktor internal dengan melakukan analisis visi misi perusahaan, key success factors, dan value chain. Kemudian dilakukan pencarian alternatif-alternatif strategi, lalu dilakukan pengusulan strategi yang memenuhi hasil dari analisis faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil dari analisis tersebut merupakan strategi yang diusulkan kepada Telin sebagai rekomendasi strategi bisnis yang sesuai untuk mengembangkan bisnis CDN di Indonesia. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Strategic Management
dc.subject Macro Environment,
dc.subject Porter’s Five Forces
dc.subject Visi
dc.subject Misi
dc.subject Key Success Factor
dc.subject Value Chain
dc.subject Broad Differentiations
dc.subject Cooperations
dc.subject Vertical Integrations
dc.subject Preemptive Strike
dc.title Usulan strategi PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) dalam mengembangkan bisnis Content Delivery Network (CDN) di Indonesia en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account