Pengukuran dan perbaikan kualitas layanan bimbingan belajar Perservera

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Prakoso, Nico
dc.date.accessioned 2018-02-01T02:36:32Z
dc.date.available 2018-02-01T02:36:32Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113202
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5018
dc.description 4488 - FTI en_US
dc.description.abstract Bimbingan belajar Perservera merupakan bimbingan belajar yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bimbingan belajar Perservera diperuntukkan bagi murid SMP dan SMA yang menyediakan bimbingan untuk mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Permasalahan yang sedang dihadapi adalah penurunan jumlah murid yang mengikuti bimbingan belajar Perservera. Hal ini terlihat dari data jumlah murid tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Permasalahan ini disebabkan karena murid tidak mengalami peningkatan nilai setelah mengikuti bimbingan belajar Perservera dan karena terdapat alternatif bimbingan belajar lainnya. Terdapat juga keluhan-keluhan yang disampaikan oleh murid seputar kualitas layanan bimbingan belajar Perservera sehingga diketahui bahwa bimbingan belajar Perservera harus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanannya. Untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas layanan bimbingan belajar Perservera, terlebih dahulu akan diidentifikasi atribut-atribut untuk mengukur kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Dengan melakukan wawancara terhadap beberapa murid dengan metode Critical Incident Technique, didapatkan 18 atribut untuk mengukur kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Setelah itu, dibuat kuesioner berdasarkan atribut yang telah diidentifikasi dan performansi atribut yang telah teridentifikasi akan diukur. Hasil pengukuran juga dipetakan ke dalam matriks Importance Performance Analysis untuk mengetahui prioritas perbaikan atribut yang membutuhkan perbaikan. Dari hasil pengukuran, diketahui terdapat 9 atribut yang membutuhkan perbaikan, yaitu terkait dengan kemampuan mengajar guru, kecepatan mengajar guru, kemampuan guru dalam mengelola kelas, ukuran ruang kelas, fleksibilitas jadwal les, dan kesesuaian dan ketepatan waktu les yang berada pada kuadran 1. Serta terkait dengan kenyamanan ruang kelas, fasilitas pendukung, dan mengenai kecepatan WiFi yang berada pada kuadran 3. Berdasarkan hal tersebut, diberikan beberapa usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Usulan perbaikan tersebut di antaranya adalah merekrut guru baru yang sudah pernah mengajar di sekolah, menerapkan strategi pengajaran, menerapkan pendekatan pembelajaran, mengevaluasi guru, mengubah durasi waktu les, menambah hari Sabtu sebagai hari les, menambah ruang kelas baru dan sebagainya. Usulan perbaikan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dan meningkatkan kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Bimbingan Belajar en_US
dc.subject Kualitas Layanan en_US
dc.subject Perbaikan Kualitas Layanan en_US
dc.subject Importance Performance Analysis en_US
dc.title Pengukuran dan perbaikan kualitas layanan bimbingan belajar Perservera en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account