dc.description.abstract |
Bimbingan belajar Perservera merupakan bimbingan belajar yang berada di daerah Kelapa
Gading, Jakarta Utara. Bimbingan belajar Perservera diperuntukkan bagi murid SMP dan SMA yang
menyediakan bimbingan untuk mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Permasalahan yang
sedang dihadapi adalah penurunan jumlah murid yang mengikuti bimbingan belajar Perservera. Hal ini
terlihat dari data jumlah murid tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Permasalahan ini disebabkan
karena murid tidak mengalami peningkatan nilai setelah mengikuti bimbingan belajar Perservera dan
karena terdapat alternatif bimbingan belajar lainnya. Terdapat juga keluhan-keluhan yang disampaikan
oleh murid seputar kualitas layanan bimbingan belajar Perservera sehingga diketahui bahwa bimbingan
belajar Perservera harus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanannya.
Untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas layanan bimbingan belajar Perservera, terlebih
dahulu akan diidentifikasi atribut-atribut untuk mengukur kualitas layanan bimbingan belajar Perservera.
Dengan melakukan wawancara terhadap beberapa murid dengan metode Critical Incident Technique,
didapatkan 18 atribut untuk mengukur kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Setelah itu, dibuat
kuesioner berdasarkan atribut yang telah diidentifikasi dan performansi atribut yang telah teridentifikasi
akan diukur. Hasil pengukuran juga dipetakan ke dalam matriks Importance Performance Analysis untuk
mengetahui prioritas perbaikan atribut yang membutuhkan perbaikan.
Dari hasil pengukuran, diketahui terdapat 9 atribut yang membutuhkan perbaikan, yaitu terkait
dengan kemampuan mengajar guru, kecepatan mengajar guru, kemampuan guru dalam mengelola
kelas, ukuran ruang kelas, fleksibilitas jadwal les, dan kesesuaian dan ketepatan waktu les yang berada
pada kuadran 1. Serta terkait dengan kenyamanan ruang kelas, fasilitas pendukung, dan mengenai
kecepatan WiFi yang berada pada kuadran 3. Berdasarkan hal tersebut, diberikan beberapa usulan
perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Usulan perbaikan
tersebut di antaranya adalah merekrut guru baru yang sudah pernah mengajar di sekolah, menerapkan
strategi pengajaran, menerapkan pendekatan pembelajaran, mengevaluasi guru, mengubah durasi
waktu les, menambah hari Sabtu sebagai hari les, menambah ruang kelas baru dan sebagainya. Usulan
perbaikan diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dan meningkatkan
kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. |
en_US |