Perancangan aplikasi game edukatif dan persuasif dengan tema kebersihan lingkungan untuk anak-anak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Damayanti, Kristiana Asih
dc.contributor.author Tonadi, Felicia
dc.date.accessioned 2018-02-01T01:36:58Z
dc.date.available 2018-02-01T01:36:58Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113098
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5006
dc.description 4531 - FTI en_US
dc.description.abstract Indonesia memiliki masalah sampah yang cukup banyak. Melihat fakta tersebut, maka perlu diadakan peningkatan pendidikan serta kesadaran mengenai kebersihan lingkungan dalam masyarakat terutama pada anak-anak usia dini. Pada kenyataannya masih banyak anak-anak yang kurang paham mengenai sampah dan juga seringkali melupakan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya padahal mereka sudah mendapatkan pendidikan formal mengenai lingkungan di sekolah. Dengan demikian, anak-anak masih memerlukan pendidikan tambahan mengenai kebersihan lingkungan melalui media yang lebih efektif, salah satunya adalah game di smartphone. Perancangan game dimulai dari tahap identifikasi kebutuhan terhadap anak-anak dengan cara focus group discussion untuk memahami bagaimana pengetahuan serta kebiasaan anak-anak saat ini serta memahami jenis-jenis game yang disukai. Identifikasi kebutuhan anak-anak juga didukung dengan wawancara orangtua serta guru sebagai pendamping yang dianggap memahami kondisi dari responden anak-anak. Setelah dilakukan proses identifikasi, dilakukan proses pengembangan yang menghasilkan dua buah alternatif desain. Kedua konsep desain merupakan game yang memiliki genre RPG (Role-playing games) sebagai media persuasif untuk anak-anak melalui simulasi. Pemilihan genre RPG mengikuti tren game-game yang banyak disukai oleh anak-anak. Proses pemilihan konsep desain melibatkan anak-anak sebagai primary user, pendamping, guru, orangtua, dan game developer. Dari hasil konsep game terpilih kemudian dibuat prototype dan dilakukan evaluasi dengan delapan responden yang sama saat pemilihan alternatif konsep. Hasil evaluasi menunjukkan persentase kriteria effectiveness sebesar 73%, efficiency 77%, dan learnability 79%. Selain itu, dilakukan pula evaluasi untuk mengetahui apakah sistem reward dan kompetisi dalam game mampu mengubah sikap dan perilaku anak-anak. Hasil evaluasi menunjukkan respon positif dengan perubahan perilaku anakanak yang lebih sadar untuk membuang sampah di lingkungan sekitarnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject game en_US
dc.subject edukatif en_US
dc.subject persuasif en_US
dc.subject anak-anak en_US
dc.subject lingkungan en_US
dc.title Perancangan aplikasi game edukatif dan persuasif dengan tema kebersihan lingkungan untuk anak-anak en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account