Perancangan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada Kampung Gajah Wonderland

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.advisor Budiono, Arip
dc.contributor.author Samanta, Handy
dc.date.accessioned 2018-02-01T01:14:22Z
dc.date.available 2018-02-01T01:14:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113056
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5002
dc.description 4544 - FTI en_US
dc.description.abstract Bandung merupakan salah satu kota tujuan pariwisata di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang berada di kota Bandung adalah Kampung Gajah Wonderland. Kampung Gajah Wonderland merupakan tempat rekreasi yang terletak di jalan Sersan Badjuri KM 3,8 Lembang, Bandung. Kampung Gajah Wonderland dimiliki oleh PT Cahaya Adi Putera Sentosa sejak tahun 2009. Saat ini Kampung Gajah Wonderland masih belum dapat memenuhi target jumlah pengunjung yang telah ditetapkan oleh pemilik perusahaan yaitu sebanyak 1.000.000 pengunjung per tahun. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan perancangan strategi pemasaran guna mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Perancangan strategi pemasaran dilakukan dengan menentukan pemilihan segmentingi, targeting, dan positioning (STP), Five Force Porter Model, Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EVE), Internal External (IE) Matrix, Matriks SWOT-TOWS, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Penentuan STP digunakan untuk mengetahui target pasar terpilih. Metode Five Force Porter Model digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan lingkungan industri Kampung Gajah Wonderland. Metode IFE, EFE, dan Matriks IE digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan. Matriks SWOT-TOWS dan Matriks QSPM digunakan untuk mengevaluasi strategi yang telah didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kampung Gajah Wonderland memiliki target asar keluarga. Posisi Kampung Gajah Wonderland berada pada posisi hold and maintain. Posisi hold and maintain mendukung strategi perusahaan berupa market penetration dan product development. Hasil yang didapatkan kemudian dirancang dengan menggunakan bauran pemasaran 7P. Pada penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Kampung Gajah Wonderland memiliki kekuatan berupa lahan yang masih luas dan kelemahan berupa tidak terdapat metode dan sistem pencatatan yang baik. Kampung Gajah Wonderland juga memiliki kekuatan ekternal yaitu berupa Kota Bandung sebagai salah satu destinasi favorite di Indonesia dan ancaman berupa pembangunan tempat wisata dengan skala besar pada kota lain. Kampung Gajah Wonderland memiliki posisi hold and maintain dengan strategi market penetration dan product development. Langkah strategis yang dapat dilakukan oleh Kampung Gajah Wonderland adalah pembangunan permainan baru, pemasaran dengan menggunakan media sosial dan penjualan tiket yang berlaku selama 6 bulan dan 1 tahun. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject strategi en_US
dc.subject strategi pemasaran en_US
dc.subject internal factor evaluation en_US
dc.subject eksternal factor evaluation en_US
dc.subject internal-eksternal matriks en_US
dc.title Perancangan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada Kampung Gajah Wonderland en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account