Perancangan sistem informasi pemrosesan order PT. X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius
dc.contributor.author Halim, Glenn Christian
dc.date.accessioned 2018-01-31T08:40:16Z
dc.date.available 2018-01-31T08:40:16Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113003
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4984
dc.description 4510 - FTI en_US
dc.description.abstract PT. X merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang berdiri sejak tahun 2012 dan bergerak dalam bidang industri plastik. Beberapa produk yang diproduksi oleh PT. X antara lain adalah kantong plastik PP, kantong plastik PE, plastik cetak, dan plastik sampul buku. Saat ini perusahaan sering mengalami permasalahaan akibat minimnya data yang terdapat di dalam perusahaan, khususnya dalam proses pemrosesan order. Akibatnya, bagian PPIC melakukan proses perencanaan produksi hanya berdasarkan intuisi karena kurangnya informasi untuk menjadwalkan produksi. Selain itu, hasil pencatatan yang dibuat bagian PPIC pun sulit untuk dimengerti oleh orang awam karena memiliki format tulisan yang tidak standard dan mudah dimengerti. Sementara itu, permasalahan yang terdapat dalam bagian produksi saat ini adalah tidak diketahui jumlah dari hasil setiap proses produksi yang terdapat di dalam perusahaan. Hal ini dikarenakan tidak adanya pencatatan hasil, baik hasil proses peleburan, proses pemotongan, dan hasil proses pengepakan. Permasalahan lain yang terdapat di bagian gudang antara lain adalah jumlah ketersediaan bahan baku dan barang jadi yang tidak akurat, adanya kekurangan bahan baku untuk produksi, dan adanya produk plastik yang disimpan terlalu lama di gudang sehingga harga jual produk tersebut menurun karena memiliki kualitas yang buruk. Permasalahan yang terdapat pada bagian penjualan adalah tidak dapat menentukan deadline pengiriman secara cepat karena bagian penjualan tidak mengetahui jumlah stok terkini yang terdapat di gudang dan juga proses mengirim barang yang seringkali terlambat karena tidak terdapat perintah dan jadwal pengiriman secara pasti. Permasalahan ini perlu untuk diperbaiki agar perusahaan dapat semakin baik sekaligus meminimalisir kerugian yang dialami perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem informasi yang saat ini terdapat dalam perusahaan. Proses perbaikan informasi dalam perusahaan ini akan digunakan metode System Development Life Cycle. Perbaikan ini bertujuan agar perusahaan memiliki data secara lengkap dan akurat, serta proses aliran informasi yang terdapat di dalam perusahaan menjadi lebih baik. Dalam metode ini terdapat empat buah tahap, yaitu perencanaan, analisis, desain, dan implementasi. Dalam tahap perencanaan akan dilihat proses bisnis yang terdapat dalam perusahaan dan mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam perusahaan. Dalam tahap analisis, akan dilakukan analisis kebutuhan informasi saat ini dan kriteria performasi sistem. Sementara dalam tahap perancangan akan ditentukan solusi dari kebutuhan informasi, data flow diagram (DFD) yang diusulkan, dan hasil rancangan sistem informasi. Rancangan sistem informasi ini memiliki basis data yang dirancang dengan menggunakan metode Desain Database berdasarkan Activitas (DDA). Basis data yang telah dirancang kemudian akan dinormalisasi dan dibuat kamus data untuk selanjutnya dirancang dalam bentuk form, user interface, dan juga POB (Prosedur Operasi Baku). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat perusahaan memiliki sistem informasi yang lebih baik, serta data yang akurat dan lengkap. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Sistem informasi en_US
dc.subject System Development Life Cycle en_US
dc.subject DFD en_US
dc.subject DDA en_US
dc.title Perancangan sistem informasi pemrosesan order PT. X en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account