Perbaikan kualitas jasa di kolam renang Singgasana Sport Centre

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Kurniawan, Kevin
dc.date.accessioned 2018-01-31T08:29:50Z
dc.date.available 2018-01-31T08:29:50Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6112181
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4981
dc.description 4589 - FTI en_US
dc.description.abstract Salah satu usaha yang persaingannya cukup ketat dalam memperebutkan pasar konsumennya adalah usaha kolam renang. Banyak orang yang memilih kolam renang menjadi pilihan untuk tempat rekreasi yang paling diminati dikarenakan harganya yang terjangkau. Selain untuk rekreasi, kolam renang juga menjadi tempat favorit untuk berolahraga bagi hampir seluruh golongan masyarakat. Singgasana Sport Centre merupakan salah satu kolam renang yang sudah cukup lama beroperasi di kota Bandung yang didirikan pada tahun 2008 yang beralamat di Kota Bandung. Terdapat penurunan jumlah pengunjung yang cukup signifikan per tahunnya dari tahun 2014 hingga 2016. Tujuan penelitian ini adalah mengukur dan mengusulkan perbaikan kualitas jasa di kolam renang Singgasana Sport Centre berdasarkan SQAS. SQAS merupakan instrumen pengukuran yang khusus digunakan untuk mengukur kualitas jasa di sport center. Pengumpulan data ekspektasi, persepsi, dan kepentingan di kolam renang Singgasana Sport Centre dilakukan untuk menghitung SERVQUAL score. Berdasarkan hasil pengukuran kualitas jasa, seluruh 22 atribut perlu diperbaiki karena memiliki SERVQUAL score yang bernilai negatif. Nilai negatif menunjukkan kualitas jasa yang diberikan masih dibawah harapan pengunjung dan perlu diperbaiki. Hasil wawancara sebanyak 18 dari 25 responden mengatakan bahwa fasilitas yang dibayar kurang sesuai dengan fasilitas yang didapatkan. Keluhan dari pengunjung harus segera ditangani oleh pihak kolam renang untuk mencegah penurunan jumlah pengunjung secara berkala. Dari 22 atribut yang perlu diperbaiki, terdapat 6 buah atribut yang menjadi prioritas perbaikan berdasarkan metode Importance Performance Analysis. Terdapat 14 buah usulan yang diberikan pada kolam renang Singgasana Sport Centre, namun hanya terdapat 10 buah usulan yang diterima. Usulan lainnya bersifat dipertimbangkan dan ditolak karena akan berpengaruh pada meningkatnya biaya operasional dan berkurangnya lahan parkir. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Jasa en_US
dc.subject SERVQUAL en_US
dc.subject Kolam Renang en_US
dc.title Perbaikan kualitas jasa di kolam renang Singgasana Sport Centre en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account