Abstract:
Pertumbuhan pangsa pasar e-commerce di Indonesia sudah tumbuh dengan pesat. Berdasarkan fenomena ini, kini banyak startup e-commerce yang muncul dalam pangsa pasar e-commerce di Indonesia dan salah satunya adalah Prelo. Namun, masih banyak pengguna yang mengeluh dan memberikan nilai rating yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, dari pengambilan data yang dilakukan, masih banyak terdapat masalah-masalah kemampupakaian yang terjadi pada aplikasi. Pada penelitian ini, dilakukan evaluasi berupa uji kemampupakaian dengan metode heuristic evaluation dan pengujian usability secara objektif untuk mengetahui tingkat usability dari aplikasi Prelo. Pada metode heuristic evaluation digunakan ten heuristics of usability dan android user interface guidelines sebagai acuan evaluasi aplikasi mobile Prelo. Pada uji kemampupakaian, terdapat tiga kriteria usability yang dinilai, yaitu effectiveness yang melihat dari tingkat keberhasilan penyelesaian tugas, efficiency yang melihat dari waktu penyelesaian tugas, dan satisfaction yang menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Setelah itu dilakukan perancangan dan pemilihan konsep untuk membuat prototipe aplikasi mobile Prelo. Nilai kriteria usability dari prototipe aplikasi mobile Prelo yang diteliti meliputi effectiveness, efficiency, satisfaction, dan accessibility. Dari hasil evaluasi rancangan ulang atau prototipe aplikasi, didapatkan tingkat effectiveness rata-rata prototipe aplikasi adalah 91%; tingkat efficiency rata-rata aplikasi adalah 94%; nilai satisfaction rata-rata aplikasi adalah 70,25 dari skala 100; nilai accessibility rata-rata aplikasi adalah 53 dari skala 70.