Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terjadi di setiap sektor kehidupan. Salah satu sektor yang saat ini menerapkan penggunaan internet atau teknologi digital adalah sektor pendidikan. Pendidikan di Indonesia terbagi atas pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pendidikan formal ditunjang dengan adanya pendidikan nonformal. Salah satu lembaga pendidikan nonformal yaitu SANS Education. SANS Education memerlukan suatu metode pembelajaran yang lebih mampu menyelesaikan permasalahan keterbatasan bahan ajar, durasi waktu belajar, relevansi bahan ajar, dan ketepatan waktu. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan membuat suatu rancangan platform e-learning yang memenuhi kriteria usability.
Metode penelitian yang digunakan yaitu usability testing melalui model Markov dan kuesioner SUS. Kriteria usability yang diteliti yaitu ease of learning, error control, efficiency, effectiveness, dan satisfaction. Langkah pertama yaitu identifikasi kebutuhan yang dilakukan melalui wawancara dengan memisahkan kebutuhan pengajar dan kebutuhan siswa. Berdasarkan kebutuhan pengguna, dirancang dua alternatif desain yang selanjutnya dipilih oleh pengguna berdasarkan tingkat kepentingan dan pembobotan kebutuhan untuk dikonversi menjadi sebuah prototipe. Prototipe dirancang ke dalam tiga menu utama, yaitu menu login, menu home, dan menu kursus.
Tahap awal usability testing ditujukan untuk mengukur kriteria efficiency dan dihasilkan satu task memiliki tingkat efisiensi rendah. Kuesioner SUS digunakan untuk mengukur kriteria ease of learning dan satisfaction yang menghasilkan nilai SUS 77,35 sehingga kedua kriteria ini terpenuhi. Evaluasi usability melalui model Markov dilakukan untuk mengukur error control dan effectiveness, dimana dihasilkan delapan usulan learning sequence, namun empat learning sequence belum terpenuhi, yaitu dari forum ke lecture/course, lecture/course ke download, lecture/course ke upload, dan lectures/course ke quiz. Selanjutnya dilakukan perancangan ulang melalui usulan perbaikan terhadap ukuran tulisan dari 13 px ke 15 px, menambahkan keterangan pada menu utama kursus, memberikan feedback pada siswa setelah selesai mengerjakan kuis dengan mengganti tampilan evaluasi kuis, menambahkan menu aktifitas lalu pada halaman home, serta merancang ulang tampilan forum sehingga memenuhi learning sequence.