dc.description.abstract |
Dewasa ini minat bermain musik di Indonesia sedang mengalami perkembangan. Dari meningkatnya
minat bermain musik tersebut, salah satu instrumen yang banyak diminati adalah instrumen gitar. Dalam
melakukan kegiatan musiknya seorang pemain gitar memerlukan alat pembawa gitar yang baik untuk
mendukung mobilitasnya, salah satu alat tersebut adalah tas gitar. Dalam memilih dan menentukan sebuah tas
gitar yang akan dibelinya, seorang gitaris tentu memiliki berbagai pertimbangan subjektif yang sesuai dengan
kebutuhan dan preferensinya. Pertimbangan-pertimbangan tersebut dapat berupa harga, spesifikasi teknis,
model, serta kesan emosional yang ditimbulkan dari sebuah produk tas gitar. Tentunya, berbagai macam
pertimbangan tadi perlu diidentifikasi agar dihasilkan sebuah produk tas gitar yang mampu menjawab
kebutuhan dari seorang gitaris baik dalam hal kebutuhan teknis dan kebutuhan emosional. Untuk melakukan
identifikasi kebutuhan tersebut, diperlukan penggunaan metode yang tepat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah integrasi antara Kansei Engineering dan Quality Function Deployment. Dari penelitian ini
teridentifikasi 111 Kansei words yang kemudian direduksi menjadi 12 kelompok Kansei yang digunakan untuk
penilaian semantic differentials terhadap 17 sampel produk. Data dari penilaian tersebut kemudian digunakan
untuk proses analisis faktor yang menghasilkan empat buah faktor kebutuhan. Empat buah faktor kebutuhan
tersebut adalah faktor memiliki kemampuan melindungi gitar dari berbagai faktor eksternal, faktor memiliki
kemampuan memuat berbagai alat yang dibutuhkan pengguna, faktor praktis dan nyaman ketika dibawa, dan
faktor memiliki penampilan yang sesuai dengan kelasnya. Keempat faktor tersebut merupakan input dari
perancangan konsep produk dengan menggunakan House of Quality matrix. Dari hasil perancangan yang
dilakukan dihasilkan lima alternatif konsep yang akan diseleksi menjadi konsep produk akhir melalui proses
screening dan scoring. Hasil akhir dari perancangan konsep produk adalah rendering model tiga dimensi dan
prototype. Hasil dari perancangan konsep produk menghasilkan rating sebesar 4,16; 4,00; 4,18; dan 4,72 untuk
keempat faktor kebutuhan yang teridentifikasi. |
en_US |