Abstract:
Pariwisata merupakan salah satu sektor bisnis yang sedang berkembang
dengan sangat pesatnya di Indonesia. Sektor pariwisata bahkan merupakan salah satu sumber pemasukan devisa negara yang dapat diandalkan disamping sektor lainnya. Seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata, maka banyak bermunculan pula perusahaan yang berkecimpung di bidang biro perjalanan. Salah satu diantaranya adalah PT. Jaya Prima. Seiring dengan kompetisi yang sangat ketat antar biro perjalanan, maka PT. Jaya Prima berusaha untuk dapat menjadi salah satu biro perjalanan pilihan para wisatawan.
Salah satu usaha P. T Jaya Prima untuk memenangkan kompetisi antar biro perjalanan adalah dalam hal pemilihan karoseri. Karoseri yang dipilih haruslah memenuhi standar tinggi kenyamanan penumpang, karena
kepuasan penumpang merupakan prioritas utama PT. Jaya Prima. Namun,
PT. Jaya Prima juga harus selektif dalam memilih perusahaan supplier
karoseri. Setiap perusahaan karoseri memiliki karoseri dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing, baik dari segi kenyamanan, harga, kualitas bahan, waktu pelayanan perbaikan maupun pelayanan pumajual. Untuk mengatasi masalah pemilihan karoseri ini, dapat digunakan metoda Analytic Hierarchy Process (AHP). Metode AHP adalah alat pengambil keputusan yang dapat merinci masalah yang kompleks menjadi detail dan terukur. Kelebihan dari metode AHPini adalah adanya validasi keputusan sehingga dapat memeriksa konsistensi pengambil keputusan di dalam memberikan jawaban. Hasilnya, jenis masalah yang dapat diselesaikan adalah tidak terbatas. Adapun tujuan penelitian ini adalah memberikan saran kepada PT. Jaya Prima untuk menerapkan metode AHP dalam pemilihan perusahaan karoseri. Penerapan metode AHP ini diharapkan dapat membantu PT. Jaya Prima untuk memilih perusahaan supplier karoseri yang hasilnya diharapkan mendekati ideal.