Abstract:
Konsumen umumnya selalu mencari harga yang lebih murah, kualitas yang lebih baik, fasilitas yang cukup, dan pelayanan yang lebih baik. Untuk menjaga kelangsungan perusahaan, maka segala kemungkinan perusahaan di masa yang akan datang hanya dipersiapkan sedini mungkin. Minimal, perusahaan harus mempunyai alternatif tindakan bila suatu kondisi berubah. Pada saat ini ditinjau suatu permasalahan antrian yang terjadi pada contact suatu supermarket. Supermarket ini memiliki 2 buah counter yaitu counter express dan counter reguler. Pendekatan simulasi dilakukan untuk memperkirakan kondisi terbaik yang harus diupayakan oleh perusahaan sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha tersebut. Dari hasil simulasi menggunakan perangkat lunak GPSS/H diperoleh bahka lamanya waktu pelanggan menunggu dalam antrian pada istem yang sedang berjalan adalah 6.49 kurang lebih 2.46 menit dengan tingkat kepercayaan 90% serta lamanya waktu rata-rata pelanggan menunggu dalam antrian pada sistem jika terjadi pertambahan pelanggan sebesar 10% dan perbaikan kecepatan pelayanan sebesar 10% adalah 5.60 kurang lebih 2.24 menit dengan tingkat kepercayaan 90%.