Abstract:
Desain dan evaluasi prasarana jalan memerlukan parameter lalulintas yang sesuai dengan kondisi lalu lintas yang nyata. Variasi jumlah, jenis, dan dimensi kendaraan serta perilaku pengguna jalan yang beragam menunjukkan kemungkinan variasi nilai parameter lalulintas, misalnya kapasitas jalan, sehingga menjadikannya sebagai variabel acak. Tujuan dilakukannya studi ini adalah menentukan nilai kapasitas dan menentukan nilai emp jalan antar kota Nagreg-Bandung menggunakan data waktu antara kendaraan. Nilai kapasitas jalan dianalisis dengan metode Dynamics Highway Capacity Estimation dan dilakukan pada dua kondisi, yaitu pada saat lalu lintas campuran dan saat tanpa memperhitungkan sepeda motor. Hasil analisis mengkonfirmasi adanya variasi nilai kapasitas yang mengindikasikan nilai kapasitas sebagai variabel acak. Analisis menunjukkan kapasitas pada kondisi lalulintas campuran adalah sebesar 2538 kendaraan/jam/arah, dan nilai kapasitas pada kondisi lalulintas tanpa sepeda motor adalah 2557 kendaraan/jam/arah. Analisis juga menunjukkan bahwa nilai emp untuk kendaraan berat menengah adalah sebesar 1,41, bis besar 1,44, truk besar 2,09, dan sepeda motor 0,66.