Usulan e-marketing mix Online Shop Come Come berdasarkan profil konsumen untuk meningkatkan penjualan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius
dc.contributor.advisor Tanara, Monika Sundari
dc.contributor.author Falentina, Fellen
dc.date.accessioned 2017-11-28T07:50:22Z
dc.date.available 2017-11-28T07:50:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113154
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4310
dc.description 4416 - FTI en_US
dc.description.abstract Online Shop Come Come merupakan toko yang menjual berbagai macam pakaian untuk wanita dan berlokasi di Bandung. Berdasarkan perhitungan, penjualan di online shop tersebutmengalami fluktuasi yang terbilang extreme. Pemilik merasa tidak puas dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 30,26% selama bulan September 2015 – Agustus 2016. Pemilik berkeinginan untuk meningkatkan angka pertumbuhan online shopnya agar dapat bersaing di pasar online. Saat ini, aktivitas-aktivitas pemasaranyang dilakukan hanya didasarkan pada trial and error saja. Kurangnya pengalaman menjadi salah satu hal yang menjadi penghambat dalam memilih metode pemasaran yang tepat, sehingga kurang berpengaruh terhadap naiknya angka penjualan. Data konsumen Online Shop Come Come diambil dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Setelah itu dilakukan pengujian terhadap validitas dan reliabilitas. Analisis profil konsumen dengan menggunakan metode K-Means Cluster. Jumlah cluster yang dicoba untuk dibentuk adalah 2, 3, 4, dan 5 cluster. Setelah dilakukan analisis, maka diputuskan untuk membentuk 3 cluster. Segmen 1 merupakan tipe konsumen yang cukup kritis ketika membeli produk secara online. Segmen 1 sangat mempertimbangkan banyaknya variasi produk, banyaknya pilihan warna, dan kualitas dibandingkan dengan segmen lainnya. Segmen 2 merupakan tipe konsumen yang tidak terlalu pemilih ketika membeli pakaian secara online. Asalkan produk yang ditawarkan sesuai, online shop aman dan merespon, maka konsumen dengan tipe segmen 2 ini akan melakukan pembelian. Segmen 3 merupakan tipe konsumen yang sangat kritis, pemilih, dan banyak pertimbangan ketika membeli pakaian secara online. Usulan pemasaran untuk meningkatan penjualan didasarkan pada e-marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, personalization, privacy, customer service, community, site, security, dan sales promotion. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject bauran pemasaran en_US
dc.subject e-marketing mix en_US
dc.subject k-means cluster en_US
dc.subject perilaku konsumen en_US
dc.subject toko online en_US
dc.title Usulan e-marketing mix Online Shop Come Come berdasarkan profil konsumen untuk meningkatkan penjualan en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account