Abstract:
Banyak yang tertarik untuk mencoba scbuah game online, terutanla setelah melihat iklannya. Namun seperti experience product yang lain, product ini sulit dinilai sebelum dimainkan/ digunakan. banyak gamer yang langsung meninggalkannya ataupun berhenti memainkannya setelah bbrp saaL
Alasan utama peneliti menggunakan game online face book sebagai bahan penelitian adalah kesederhanaannya, tidak memiliki animasi sama sekali, dan hanya mengandalkan text. Tapi game online ini tetap banyak peminatnya, bahkan hal ini mampu membuat banyak pengguna facebook menjadi rajin online membuka facebooknya hanya untuk memainkan gamenya yang memang harus dimainkan beberapa jam sckali. Jadi sebenarnya variabel apa yang membuat
orang bermain berulang-ulang? Penulis akan meneliti dan mengelompokan atribut - atribut yang terdapat pada game online, ke dalam 3 kclompok, yaitu: kualitas, fitur dan style and design kemudian mencoba melihat
pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan.
Untuk mencapai tujuan ini, penulis akan melakukan FGD (Focus Group Discussion) untuk mendapatkan dimensi atribut yang dapat menghasilkan loyalitas, dan untuk melengkapi apa yang telah didapat dari literatur review. Kemudian hasil dari FGD ini menjadi dasar penyusunan kuesioncr mengcnai atribut yang dipcrkirakan memiliki pengaruh yang menyebabkan seseorang loyal memainkan suatu game yang akan diuji coba pada responden yang lebih luas.
Data akan diolah dan diuji dengan menggunakan uji Mann-Whitney dan multiple regression disamping juga menggunakan test statistik deskriptif.