Abstract:
Perubahan teknologi, terutama teknologi informasi, kecenderungan
globalisasi termasuk kerjasama antar negara-negara, mengakibatkan
perubahan selera pasar semakin cepat berubah, dan sulit untuk diprediksi. Hal ini dapat berdampak pada perubahan organisasi dan manajemen. Makalah ini membahas perlunya meninjau ulang ukuran dan struktur organisasi dalam menghadapi perubahan pasar.
Berbagai bentuk struktur organisasi yang dapat dijadikan pilihan untuk melakukan perubahan dapat meliputi : Struktur sederhana, Birokrasi mesin, Birokrasi professional, Struktur divisional, dan Adhocracy. Apakah dapat dibuat desain organisasi yang dapat menangkap
keunggulan organisasi berukuran besar sekaligus keunggulan dari organisasi berukuran kecil ? Kedua bentuk ukuran organisasi dapat dikombinasikan melalui pendekatan Besar-Kecil (Large/Small) atau pendekatan Kecil-Besar(Small/Large). Organisasi dengan pendekatan Besar-Kecil dapat dilakukan melalui model Strategic Business Unit (SBU), front-back, pendekatan proses organisasi, serta struktur organisasi matrix. Pendekatan 'Kecil-Besar dapat dilakukan melalui organisasi jaringan (network), virtual organization, partnership, waralaba (franchise). Model organisasi jaringan dikembangkan pula di Asia Timur, yaitu Kigyo-shudan dan Keiretsu di Jepang, Chaebol di
Korea dan Taiwan, serta Group di Indonesia.