Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas : studi kasus pada mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Show simple item record

dc.contributor.author Septina, Nina
dc.contributor.author Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Satyarini, Ria
dc.date.accessioned 2017-10-24T07:13:29Z
dc.date.available 2017-10-24T07:13:29Z
dc.date.issued 2010
dc.identifier.other 142815
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3686
dc.description.abstract Loyalitas merupakan hal sangat penting bagi semua organisasi apapun, terlebih di perguruan tinggi swasta.(PTS), dimana siswa berniat masuk ke PTS berdasarkan saran dari opinion leader : alumni, keluarga, teman, atau guru. Loyalitas mahasiswa di PTS dipengaruhi oleh kepuasan mereka selama kuliah di PTS tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) akan kualitas pendidikan di Unpar. Kualitas pendidikan diukur melalui bauran pemasaran jasa pendidikan yang dalam penentian ini, menggunakan pendapat dari Kotler & Fox (1995), yaitu meliputi : Product (berupa Program edukasional dan Program Tambahan), Price (biaya pendidikan), Place, Promotion, People (dosen dan karyawan), Process, dan Physical Evidence (kondisi fisik). Kepuasan dihitung dari selisih antara harapan dan kualitas kinerja pendidikan. Penelitian ini menggunakan metoda deskriptif, perbandingan dan kausal. Populasinya meliputi mahasiswa unpar . Sample yang digunakan sebanyak 383 mahasiswa dari fakultas-fakultas di Unpar dengan menggunakan judgement sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner selama bulan Desember 2007, dan dianalisis dengan menggunakan rata-rata hitung, kurva nilai tingkat kepuasan, serta analisis regresi sederhana (simple regression). Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Unpar tidak puas atas kualitas pendidikan di Unpar, terutama pada dimensi biaya pendidikan, kecuali mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) yang terutama tidak puas pada dimensi proses. Sedangkan pada dimensi program edukasional, ketidakpuasan mahasiswa adalah paling rendah, kecuali pada mahasiswa FE adalah dimensi biaya. Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) merasa paling tidak puas diantara semua fakultas, sedangkan mahasiswa Fakultas MIPA ketidakpuasannya paling rendah. Faktanya, mahasiswa masih cukup loyal terhadap Unpar, sebagai almamaternya. Tingkat kepuasan mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitasnya pada Unpar, sebesar 3,2%. en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.subject loyalitas en_US
dc.title Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas : studi kasus pada mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account