Merek sebagai strategic asset dan dinamika persaingannya di Industri konsumsi (Studi empirik merek yang memperoleh IBBA 2011)

Show simple item record

dc.contributor.author Jane, Orpha
dc.date.accessioned 2017-09-18T05:52:03Z
dc.date.available 2017-09-18T05:52:03Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3366
dc.description.abstract Merek merupakan salah satu sumberdaya penting bagi perusahaan. Saat ini, merek tidak lagi memainkan peranan sebagai pemberi identitas produk, pemberi pembeda produk dibandingkan dengan pesaing ataupun sekedar logo, simbol atau nama merek. Merek harus dipandang sebagai sumberdaya stratejik (strategic asset) yang dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi inti perusahaan dalam usahanya meraih keunggulan daya saing. Penelitian ini mencoba mengkaji merek sebagai strategic asset dan dinamika persaingannya di industri. Secara spesifik, penelitian ini ingin mengidentifikasi merek sebagai salah satu sumberdaya perusahaan yang dapat mempengaruhi keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan. Merek-merek yang dianalisis dalam penelitian adalah yang ikut dalam program Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2011 yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan lembaga riset MARS. Analisis dikaitkan dengan kriteria VRIN (Valuable, Rare, Inimitability, Non-substituability). Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa sepuluh merek yang masuk pada kategori pemenang IBBA 2011 adalah merek yang dimiliki oleh produsen atau perusahaan yang sudah lama ada di industri sehingga memiliki kemampuan untuk berpromosi melalui periklanan secara intensif. Hal tersebut secara langsung mempengaruhi dinamika persaingan di industri. Dan secara spesifik dapat dinyatakan sebagai sumberdaya stratejik perusahaan, meskipun kriteria VRIN yang terpenuhi hanyalah valuable. en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.relation.ispartofseries Research Report - Humanities and Social Science;Vol.2 2011
dc.subject PERSAINGAN DI INDUSTRI en_US
dc.subject MEREK en_US
dc.subject SUMBERDAYA STRATEJIK en_US
dc.subject VRIN en_US
dc.title Merek sebagai strategic asset dan dinamika persaingannya di Industri konsumsi (Studi empirik merek yang memperoleh IBBA 2011) en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account