Abstract:
Nilai ekivalensi merulpakan faktor konversi yang digunakan untuk mengubah arus lalu lintas campuran menjadi arus lalu lintas yang homogen. Nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) perlu dievaluasi karena perilaku dan karakteristik lalu lintas mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
Tujuan dari kajian ini adalah menentukan nilai ekivalensi mobil penumpang pada ruas jalan tol, dimana kajian dilakukan pada ruas jalan tol Jakarta Cikampek.
Hasil analisis menghasilkan nilai emp yang cenderung lebih besar dari nilai emp MKJI 1997.
Nilai emp untuk jenis kendaraan berat menengah berkisar antara 1,88-2,25, untuk truk besar berkisar antara 3,12-3,77, dan untuk bus besar berkisar antara 1,52-1,64. Peningkatan nilai emp tersebut diduga disebabkan oleh bertambahnya jumlah kendaraan, berubahnya kapasitas dan kinerja kendaraan, maupun kondisi geometrik jalan raya. Hasil perhitungan nilai emp selanjutnya diaplikasikan untuk menghitung kapasitas jalan dan ditemukan adanya variasi nilai kapasitas, berada pada rentang 1800 hingga 2500 smp/jam, bila dibandingkan dengan MKJI 1997.