Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja di Pusat Survei Geologi yang berlokasi di Jalan
Diponegoro No. 57 Bandung sebagai Sekretariat Kepala bagian Tata Usaha. Pelaksanaan
praktik kerja terhitung mulai dari tanggal 13 Februari 2017 sampai dengan 10 April 2017,
penulis melakukan praktik kerja selama tiga hari dalam satu minggu pada pukul 08.00 –
17.00.
Pada pelaksanaan praktik kerja, penulis mendapatkan beberapa tugas untuk
dilaksanakan diantaranya (i) mengelola surat masuk, (ii) membuat surat keluar, (iii)
memberikan nomer untuk surat keluar, (iv) menyortir berkas surat masuk dan surat keluar
dan (v) mengarsipkan berkas surat yang telah disetujui oleh Kepala Bagian Tata Usaha.
Penulis mengalami kendala pada saat proses pengarsipan yang disebabkan jumlah
berkas surat yang cukup banyak dengan fasilitas atau jumlah cardex yang tersedia masih
kurang memadai untuk proses pengarsipan lebih lanjut. Untuk menanggapi kekurangan
tersebut, penulis mengajukan saran yaitu (i) kelengkapan cardex untuk memenuhi sistem
pengarsipan sehingga proses pengarsipan dapat berjalan dengan cepat dan tidak tertunda.
Dalam melaksanakan kegiatan praktik kerja penulis berharap kinerja yang penulis
berikan pada perusahaan dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya, begitu juga
memberikan manfaat kepada penulis karena banyak sekali pelajaran yang penulis
dapatkan untuk bekal penulis pada saat penulis mendapatkan pekerjaan yang sebenarnya.