Abstract:
Kegiatan orangtua mendampingi anak belajar di rumah merupakan kegiatan rutin yang mereka lakukan. Namun pada umumnya orang tua tidak siap untuk membantu putera-puteri mereka belajar di rumah. Ketidaksiapan orang tua ini seringkali diungkapkan dengan memberi respon negatif sebagai mata pelajaran sulit dan dihindari. Program Komunitas Ibu Belajar Matematika yang diselenggarakan oleh Program Studi Matematika UNPAR sejak tahun 2012 telah membantu para orang tua untuk mempersiapkan diri mendampingi anak belajar Matematika Dirumah. Namun program ini belum menjangkau para orang tua yang bekerja, atau orang tua yang akrab dengan perangkat TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi pemanfaatan perangkat TIK dan Media Sosial sebagai sarana pembelajaran dalam komunitas orang tua siswa sekolah dasar yang bersifat informal. Luaran yang diharapkan adalah terbentuknya model komunitas belajar berbasis media sosial dan diseminasi pada forum ilmiah. Hasil ekplorasi terhadap pemanfaatan media sosial facebook sebagai Learning Management System (LMS) sederhana telah memadai bagi komunitas untuk berdiskusi, berinteraksi, mengekplorasi permasalahan dalam mendampingi anak belajar (khususnya mata pelajaran Matematika) di rumah. Model komunitas belajar berbasis media sosial membuka peluang untuk diterapkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat .