dc.contributor.author |
Nugraheni, Cecilia Esti |
|
dc.contributor.author |
Abednego, Luciana |
|
dc.date.accessioned |
2017-08-09T08:43:24Z |
|
dc.date.available |
2017-08-09T08:43:24Z |
|
dc.date.issued |
2013 |
|
dc.identifier.other |
135830 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/2910 |
|
dc.description.abstract |
Sudoku adalah sejenis teka-teki logika yang tujuan akhirnya adalah mengisikan angka-angka 1 sampai dengan 9 ke dalam suatu kotak berukuran 9 x 9. Kotak ini memiliki 9 sub-kotak berukuran 3 x 3. Syarat teka-teki ini adalah tidak ada angka yang berulang pada setiap baris,kolom 1 atau sub-kotak. Teka-teki Sudoku termasuk ke dalam permasalahan kombinatorial (NP complete). Solusi untuk teka-teki ini dapat dicari dengan bermacam-macarn cara seperti algoritma genetik [4], heuristik [1] dan sebagainya. Pada penelitian ini, teka-teki Sudoku akan dicoba dipecahkan dengan memodelkannya sebagai block-world problem. Pada block-world problem terdapat sejumlah balok pada meja dengan susunan tertentu. Balok-balok tersebut kemudian
diubah susunannya menjadi susunan balok akhir dengan bantuan dua jenis robot. Hasil dari penelitian ini berupa spesifikasi formal dad model Sudoku sebagai block-world problem yang ditulis dalam notasi Temporal Logic of Adions (TLA). |
en_US |
dc.publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Research Report - Engineering Science;Vol.1 2013 |
|
dc.subject |
SPECIAL PROGRAMMING |
en_US |
dc.title |
Pemodelan sudoku sebagai block world problem |
en_US |
dc.type |
Research Reports |
en_US |