Pemodelan sudoku sebagai block world problem

Show simple item record

dc.contributor.author Nugraheni, Cecilia Esti
dc.contributor.author Abednego, Luciana
dc.date.accessioned 2017-08-09T08:43:24Z
dc.date.available 2017-08-09T08:43:24Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.other 135830
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2910
dc.description.abstract Sudoku adalah sejenis teka-teki logika yang tujuan akhirnya adalah mengisikan angka-angka 1 sampai dengan 9 ke dalam suatu kotak berukuran 9 x 9. Kotak ini memiliki 9 sub-kotak berukuran 3 x 3. Syarat teka-teki ini adalah tidak ada angka yang berulang pada setiap baris,kolom 1 atau sub-kotak. Teka-teki Sudoku termasuk ke dalam permasalahan kombinatorial (NP complete). Solusi untuk teka-teki ini dapat dicari dengan bermacam-macarn cara seperti algoritma genetik [4], heuristik [1] dan sebagainya. Pada penelitian ini, teka-teki Sudoku akan dicoba dipecahkan dengan memodelkannya sebagai block-world problem. Pada block-world problem terdapat sejumlah balok pada meja dengan susunan tertentu. Balok-balok tersebut kemudian diubah susunannya menjadi susunan balok akhir dengan bantuan dua jenis robot. Hasil dari penelitian ini berupa spesifikasi formal dad model Sudoku sebagai block-world problem yang ditulis dalam notasi Temporal Logic of Adions (TLA). en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.relation.ispartofseries Research Report - Engineering Science;Vol.1 2013
dc.subject SPECIAL PROGRAMMING en_US
dc.title Pemodelan sudoku sebagai block world problem en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account