Abstract:
Ilmu optik terus mengalami perkembangan seiring dengan ditemukannya konsep kelajuan cahaya yang konstan dan fisika kuantum. Awalnya pembelajaran optika terbatas dalam konsep cermin, lensa, alat optik, namun kemudian berkembang sejak lahirnya fisika modern hingga penemuan laser optik, disebut optika modern. Telah dilakukan penelitian terhadap mahasiswa f1sika yang pernah dan sedang mengambil mata kuliah optika modern mengenai minat dan masukan mereka terhadap perkuliahan optika modern melalui kuisioner. Sebanyak 10% menyalakan sangat tertarik, 20% menyatakan tertarik dan 40% cukup tertarik dan 40% menyatakan tidak tertarik. Kurangnya minat mahasiswa terhadap perkuliahan optika modern ini mempengaruhi nilai rata-rata kelas yang kurang setiap tahunnya padahal mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib untuk mahasiswa Fisika pada tahun ke-3. Namun dalam kuisioner, beberapa mahasiswa memberi usulan tentang perkuliahan optika modern diantaranya menambahkan kegiatan eksperimen ataupun simulasi dengan komputer. Sebanyak 90% mahasiswa mengusulkan adanya kegiatan eksperimen atau laboratorium, selebihnya simulasi dengan komputer. Hal ini menunjukkan perlunya dilakukan pengembangan perkuliahan mengingat perkembangan ilmu optik yang semakin pesat dan terkait dengan teknologi terkini. Berdasarkan pendapat dari mahasiswa dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, telah disusun prioritas materi dalam satuan acara perkuliahan dan pengembangan metode perkuliahan dengan memasukkan unsur kegiatan eksperimen, seperti eksperimen sederhana dan simulasi.