Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota bandung sebagai Staff Administrasi Kepegawaian yang berlokasi di, Jl. Ambon No.1, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115, Indonesia. Waktu penulis untuk melakukan praktik kerja dimulai pada tanggal 20 Februari 2017 sampai dengan 29 Maret 2017 dengan jam kerja pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00.
Waktu yang dilakukan praktik kerja 5 hari dalam seminggu, yaitu pada hari Senin sampai dengan jumat. Penulis ditempatkan oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian di bagian Administrasi Perusahaan sebagai staff administrasi kepegawaian dan umum yang berhubungan dengan pekerjaan perkantoran seperti menangani dokumumen, surat, pencatatan serta perekapan data kegiatan administrasi Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota bandung.
Dalam melaksanakan kegiatan praktik kerja di bagian Administrasi Kepegawaian,penulis menemukan beberapa masalah saat melakukan praktik kerja seperti penyimpanan data pegawai pada lemari arsip yang berantakan atau tidak disusun secara berurutan sehingga mempersulit penulis dalam mencari data pegawai yang dibutuhkan, untuk mengambil data yanng diperlukan butuh waktu yang cukup lama serta banyaknya data pegawai yang tidak lengkap sehingga menghambat proses pembaruan data pegawai yang penulis lakukan. Mengetahui masalah ini, penulis memberi solusi dengan membereskan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang berantakan sesuai urutan dan jenisnya, setelah itu membuat penanda pada setiap ordner dan lemari arsip sebagai pemisah dokumen. Sedangkan untuk permasalahan data pegawai yang tidak lengkap dan sulitnya untuk meminta pegawai untuk melengkapi data tersebut, penulis memberi solusi yaitu dengan membuat schedule pengisian formulir data pegawai pada setiap bagian yang berbeda sehingga tidak menimbulkan bentrokan yang membuat menyebabkan semua karyawan harus mengisi data isian pada saat yang sama sedangkan mereka harus mengerjakan pekerjaan mereka masing-masing.