Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di Koperasi Simpan Pinjam “Kopdit Borromeus” di jalan Cigadung Raya Timur No. 91, Kota Bandung. Penulis telah melakukan praktik kerja selama 200 jam dan sama dengan 7 jam kerja per hari selama 30 hari kerja dengan waktu kerja yaitu Senin sampai Jumat pada pukul 09.00 – 16.00 WIB dan pada hari Sabtu pukul 09.00 – 14.00 WIB yang telah dilakukan mulai tanggal 1 April 2017 sampai dengan 12 Mei 2017. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang Administrasi Perusahaan.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis adalah membantu mengolah iuran koperasi anggota, memasukkan data iuran anggota, merekapitulasi kas masuk dan kas keluar, memasukkan data pajak Sibulan anggota, dan mengarsipkan kartu simpan pinjam anggota. Selain itu penulis juga diberikan beberapa tugas tambahan yaitu mengarsipkan data sekretaris, menerima tamu atau anggota, merekapitulasi kas masuk dan kas keluar per bulan dan menulis bukti kas masuk. Masalah yang dialami penulis selama melakukan praktik kerja adalah data anggota yang belum diperbaharui, sehingga terjadi perbedaan informasi dengan data yang ada di ruang arsip dan data di sekretaris, dan tidak dapat menggunakan komputer kantor sebelum ada pegawai dikarenakan komputer harus log in dengan menggunakan username pegawai.
Setelah melakukan praktik kerja, penulis menyarankan adanya akun khusus tamu pada salah satu komputer KSP “Kopdit Borromeus” dan adanya pembaharuan data anggota koperasi. Penulis menerapkan teori Manajemen Perkantoran yang dipelajari selama masa kuliah untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan. Dengan melakukan praktik kerja, penulis menyadari pentingnya pelatihan bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kinerja pegawai di perusahaan.