Abstract:
Peningkatan kualitas pendidikan harus dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan untuk mengatasi persaingan tersebut. Oleh karena itu Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan harus menerapkan suatu sistem evaluasi yang baik. Perbaikan sistem evaluasi dilakukan dengan memanfaatkan teori-teori mengenai sistem evaluasi yang diterapkan secara khusus untuk pendidikan berdasarkan Pedoman Evaluasi Proses Pembelajaran. Teori tersebut diterapkan bersamaan dengan tahapan-tahapan serta teori mengenai evaluasi program menurut pandangan Fitzpatrick dalam Program Evaluation (2004). Tahapan yang
dilakukan dalam sistem evaluasi ini adalah tahap penentuan tujuan evaluasi, pemilihan pendekatan, penentuan evaluator, memfokuskan evaluasi, serta perencanaan evaluasi dalam pelaksanaan dan juga secara manajerial.
Rancangan sistem usulan melengkapi faktor-faktor penilaian yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran sebagai usaha untuk memperbaiki sistem yang ada. Desain evaluasi yang digunakan adalah cross section dan pre-post. Pada sistem usulan dirancang pengumpulan data dilakukan secara online serta menerapkan teknik sampling dalam pengumpulan data evaluasi.
Usaha perbaikan lain adalah dengan menambahkan sumber data dari sistem evaluasi, serta memperbaiki penyampaian laporan hasil evaluasi. Penetapan waktu serta personel evaluasi dalam sistem usulan ini juga diperbaiki agar dapat dilakukan tindak lanjut sebagai usaha peningkatan kualitas dari pendidikan yang diberikan.