Abstract:
Toko X merupakan distributor tunggal dari salah perusahaan di Indonesia yang memproduksi berbagai macam perlengkapan olahraga yang berada di kota Bandung. Ketatnya persaingan antar usaha sejenis mengharuskan Toko X dapat melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Untuk menghadapi tantangan tersebut, perusahaan harus memiliki perencanaan strategis yang tepat yang membuatnya tetap bertahan di bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal terhadap perkembangan Toko X, posisi strategis Toko X di dalam industri, serta mengetahui usulan strategi yang dapat diterapkan Toko X menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap owner dan melakukan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategis Toko X berada pada sel V (hold and maintain) sehingga strategi yang cocok untuk Toko X adalah market penetration dengan melakukan pemasaran lebih rutin ke wilayah Jawa Barat. Sedangkan usulan strategi yang dapat diterapkan yaitu membuat website untuk Toko X, lebih mengenalkan apa yang menjadi keunikan servis yang ditawarkan Toko X, bekerjasama dengan toko tertentu untuk menjadi toko sub distributor dengan Toko X, dan membuat kepercayaan pelanggan terhadap kualitas produk.