dc.description.abstract |
KPSBU tercatat sebagai koperasi terbesar Jawa Barat untuk kategori koperasi produsen dan menjadi operasi nomor satu dari kategori omset tertinggi mencapai 270,5 milyar mengalahkan koperasi susu yang lain yang ada di Jawa Barat. Pertumbuhan konsumsi susu Indonesia memiliki tingkat tertinggi di ASEAN, hal ini memberikan kesempatan yang menarik bagi sektor swasta untuk meningkatkan pasokan susu dan memperkenalkan produk baru yang lebih menarik kepada pasar yang mempunyai kesadaran terhadap kesehatan. Apabila strategi bersaing perusahaan lemah, tanpa melihat trend masyarakat dan keunggulan yang dimiliki maka akan sulit memenangkan hati konsumen untuk tetap loyal terhadap produk kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang telah dijalankan KPSBU selama ini, mengetahui analisis eksternal dan internal yang ada pada KPSBU dan untuk merekomendasikan strategi bersaing yang tepat pada KPSBU agar dapat memperluas pangsa pasar menggunakan analisis SWOT Matrix, IE Matrix dan QSPM. Analisis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini strategi yang dijalankan KPSBU terkait industri susu adalah strategi fokus, integrasi vertikal dan joint venture. Hasil analisis internal eksternal cukup memengaruhi keberadaan industri KPSBU. Rekomendasi yang disarankan berdasarkan QSPM, perusahaan lebih tertarik untuk melakukan strategi pengembangan produk. |
en_US |