Rancangan bisnis jasa pembuatan miniatur figur diri sendiri (3D selfie) dengan menggunakan teknologi 3D printing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susan K., Marcellia
dc.contributor.author Chandrawijaya, Michael
dc.date.accessioned 2017-07-19T07:11:14Z
dc.date.available 2017-07-19T07:11:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other tes1770
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2617
dc.description.abstract Rancangan bisnis jasa pembuatan miniatur figur 3D Selfie berawal dari perkembangan teknologi 3D Printing yang tumbuh dengan pesat di era modernisasi saat ini. Selain itu adanya fenomena selfie akibat dari pengaruh modernisasi tersebut, membuat setiap orang ingin mengaktualisasikan dirinya dengan cara melakukan kegiatan foto diri sendiri (selfie) yang diunggah ke media sosial. Bentuk aktualisasi diri tersebut hanya dalam bentuk foto 2D yang tidak memiliki dimensi. Oleh karena itu dengan perkembangan teknologi 3D Printing, setiap orang dapat membuat figur diri sendiri dalam bentuk 3D ditambah adanya permintaan terhadap produk 3D Selfie yang dapat dimodifikasi memunculkan suatu peluang bisnis. Penelitian perencanaan bisnis ini untuk membangun sebuah perusahaan jasa pembuatan miniatur figur 3D Selfie yang berlokasi di Kota Bandung. Penyusunan rancangan bisnis ini dilakukan secara sistematis, yaitu melakukan analisis lingkungan eksternal makro dan mikro dengan menggunakan PEST dan Porter 5 Force’s analysis dan analisis lingkungan internal perusahaan untuk mengetahui kondisi sumber daya dan kapabilitas perusahaan. Hasil analisis tersebut diolah dengan menggunakan matriks EFE dan IFE yang digunakan untuk membuat SWOT matriks untuk menyusun strategi bisnis yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini juga menganalisis kelayakan bisnis dengan menghitung cashflow, payback period, net present value, internal rate of return, dan profitability index. Dari seluruh hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa rancangan bisnis jasa pembuatan miniatur figur 3D Selfie layak untuk dijalankan. Diharapkan hasil penelitian tesis ini dapat dijadikan acuan untuk mendirikan perusahaan jasa pembuatan miniatur figur 3D Selfie di Kota Bandung. en_US
dc.publisher Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject rancangan bisnis, 3D Selfie, 3D Printing, SWOT, analisis kelayakan bisnis, analisis lingkungan bisnis en_US
dc.title Rancangan bisnis jasa pembuatan miniatur figur diri sendiri (3D selfie) dengan menggunakan teknologi 3D printing en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015811001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account