Abstract:
Kemajuan teknologi membantu manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, salah satunya dalam beriklan. PT “X” adalah perusahaan agen iklan yang menawarkan jasa kepada masyarakat untuk menerbitkan iklan di koran-koran yang ada di kota Bandung. Perusahaan ini mengalami dampak dari kemajuan teknologi. Akibat kemajuan teknologi, minat konsumen untuk menggunakan jasa agen iklan semakin berkurang karena kemajuan teknologi menyediakan situs jual beli online yang lebih mudah untuk digunakan dibandingkan dengan menggunakan iklan koran. Strategi bauran pemasaran merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan perusahaan dalam upayanya untuk mengatasi hal ini. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada tidaknya pengaruh variabel independen yaitu produk, harga, tempat, promosi, manusia, proses, dan bukti fisik terhadap variabel dependen yaitu niat beli ulang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner terhadap 110 konsumen PT “X”. Uji Validitas dan reliabilitas dilakukan dengan metode statistik untuk mendeskripsikan variabel penelitian dan regresi linier berganda dengan F test dan T test untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Tingkat signifikansi dalam penelitian ini adalah 0,05. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa: (1) secara simultan semua variabel independen memengaruhi variabel dependen, (2) secara parsial variabel produk, harga, manusia, proses, bukti fisik memengaruhi variabel niat menggunakan kembali sedangkan lokasi tidak memengaruhi niat menggunakan kembali.