dc.description.abstract |
Mekanisme dan perilaku transfer beban pondasi tiang bar yang dibebani aksial ke
tanah di sekeliling tiang bor adalah ha1 yang kompleks. Penelitian ini bermaksud
menggunakan data uji pembebanan berinstrumen dan metoda analisis transfer beban pondasi
tiang yang semula dikembangkan oleh Coyle dan Reese (1966) untuk mengevaluasi
mekanisme dan perilaku transfer beban pondasi tiang bar.
Analisis daya dukung tiang cara statis konvensional juga dilakukan pada pondasi
tiang uji yang sama, kemudian dibandingkan dengan hasil uji pembebanan untuk
menghasilkan pemahaman yang lebii baik terhadap mekanisme dan perilaku transfer beban
pondasi tiang bor. Hasil-hasil uji Pile Driving Andizer (PDA) pada lokasi yang sama juga
dievaluasi dan dibandingkan dengan hasil-hasil analisis uji pembebanan.
Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus pada proyek Apartemen Four Seasons di
Kuningan Jakarta Selatan terhadap empat buah pondasi tiang bar uji pembebanan
berdiameter 1000 mm dan sepuluh uji PDA.
HaGI analisis uji pembebanan menunjukkan kekakuan geser pondasi yang tinggi dan
kontribusi daya dukung selimut pondasi tiang bar sangat dominan. Gesekan selimut
termobilisasi khususnya pada lapisan tanah lanau kelempungan tersementasi lebih besar dari
satuan gesekan selimut maksimum yang lazim digunakan dalam perencanaan.
Evaluasi hasil analisis tiang berinstramen dan statik konvensional menunjukkan
adanya perbedaan, baik pada daya dukung total maupun pada proporsi tahanan geser dan
ujung. Analisis dengan metoda statik konvensional menghasilkan kapasitas daya dukung
tiang yang lebih rendah dari daya dukung tiang hasil uji pembebanan, disamping itu analisis
dengan matoda statik konvansional menghasilkan daya dukung ujung yang tinggi sedangkan
hasil uji pembebanan menunjukkan dukungan ujung yang kecil.
Untuk studi mekanisme dan perilaku transfer beban, uji pembebanan statik yang
paling dapat diandalkan dengan pembebanan sebenarnya dan perilaku serta mekanisme
transfer beban dapat diverifikasi melalui instrumentasi. |
en_US |