Abstract:
Dengan melihat peta persaingan dalam dunia perbankan di Indonesia saat ini yang semakin linggi, dimana suku bunga terus menurun akhir-akhir ini, hampir semua perusahaan - perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan melakukan diversifikasi dalam produkllya dan muiai membuka usaha dengan menjadi agen penjual reksa dana. Timbulnya niat dari para calon nasabah untuk menjadi nasabah merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh American Express Bank, dimana penjualan dari Reksa dana Money Plus RCP semakin menurun dari waktu ke waktu. Ketidakpuasan konsumen yang menyebar dari mulut ke mulut serta munculnya reksa dana yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan pesaing American Express bank merupakan tantangan manajemen
untuk mengantisipasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen atas bauran pemasaran yang dilakukan American Express Bank terhadap loyalitas.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dan metode verifikatif. Penarikan sampel menggunakan probability sampling karena ukuran populasi diketahui dan dilakukan dengan cara sensus terhadap nasabah Money Plus RCP di Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan tiga langkah, pertama dilakukan Stratified Random Sampling yaitu populasi dibagi ke dalanl beberapa kelompok (strata). langkah kedua, untuk setiap kelompok dilakukan pengambilan sampel secara acak yang secara keseluruhan sampel berjumlah 200 responden. Langkah ketiga yaitu melakukan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dilanjutkan dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen atas bauran
pemasaran American Express bank mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dimana pembentukan loyalitas konsumen disebabkan oleh pembentukan sikap kognitif konsumen atas baurn pemasaran adalah sebesar 84.1 % dan 15.9 % dipengaruhi oleh faktor lain, 90.7% loyalitas konsumen ditentukan oleh sikap afektif atas bauran pemasaran dan 9.3 % disebabkan oleh faktor-faktor lain dan 91.3 % loyalitas konsumen ditentukan oleh sikap konatif atas bauran pemasaran dan 8.70% ditentukan oleh faktor lain: Secara keseluruhan pembentukan loyalitas konsumen disebabkan oleh pembentukan sikap konsumen atas bauran pemasatlln sebesar 93.3% sedangkan sisanya sebesar 6.7 % disebabkan oleh faktor-faktor lain
Jadi, strategi bmiran pemasaran American Express Barile telah
diimplementasikan dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari mayoritas responden menyikapi positif hampir seluruh dimensi bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan. Pembentukan sikap konsumen atas bauran pemasaran American Express Bank yang positif ini mampu l11enciptakan konsumen yang loyal dimasa mendatang.