dc.description.abstract |
Iklan merupakan media promosi yang semakin banyak ditemukan oleh konsumen. Setiap hari, konsumen akan menemukan ratusan iklan dalam berbagai bentuk di dalam kehidupan mereka. Hal ini dapat menyebabkan iklan tidak lagi menarik perhatian konsumennya. Ini menyebabkan semakin besarnya tantangan bagi iklan untuk dapat memilih bentuk dan media yang tepat agar tetap menarik perhatian konsumen. Tesis ini diawali dengan dugaan bahwa peningkatan informasi, kredibilitas, emosi dan interaktivitas dalam iklan khususnya di internet akan membentuk hierarki tertentu. Penelitian tesis ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model hierarki kebutuhan konsumen terhadap iklan, khususnya untuk konsumen yang banyak mengakses informasi melalui internet. Model hierarki ini dikembangkan dari model hierarki kebutuhan berdasarkan teori motivasi Maslow dan model hierarki kebutuhan produk yang dikembangkan oleh Jordan. Model ini selanjutnya diverifikasi dengan metode Kano untuk mengevaluasi kebutuhan pengguna internet terhadap iklan dan menguji konsistensi dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Melalui mixed methods sequential exploratory design diperoleh bahwa kebutuhan yang paling mendasar dari iklan adalah inforn1asi (iklan harus bersifat informatif). Urutan hierarki sesuai dengan model hierarki kebutuhan yang dirancang, yaitu informatif - kredibilitas - interaktif - pleasure / entertainment. Urutan hierarki kebutuhan konsumen tersebut tidak berbeda meskipun di lakukan segmentasi berdasarkan jenis kelamin, usia, dan peke1jaan. Berdasarkan klasifikasi Kano, tidak juga ditemukan perbedaan klasifikasi yang signifikan. |
en_US |