Perancangan dan identifikasi karakteristik model hirarki kebutuhan konsumen terhadap iklan internet

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Loice, Romy
dc.date.accessioned 2017-07-14T06:21:04Z
dc.date.available 2017-07-14T06:21:04Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.other tes1235
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2581
dc.description.abstract Iklan merupakan media promosi yang semakin banyak ditemukan oleh konsumen. Setiap hari, konsumen akan menemukan ratusan iklan dalam berbagai bentuk di dalam kehidupan mereka. Hal ini dapat menyebabkan iklan tidak lagi menarik perhatian konsumennya. Ini menyebabkan semakin besarnya tantangan bagi iklan untuk dapat memilih bentuk dan media yang tepat agar tetap menarik perhatian konsumen. Tesis ini diawali dengan dugaan bahwa peningkatan informasi, kredibilitas, emosi dan interaktivitas dalam iklan khususnya di internet akan membentuk hierarki tertentu. Penelitian tesis ini bertujuan untuk menghasilkan suatu model hierarki kebutuhan konsumen terhadap iklan, khususnya untuk konsumen yang banyak mengakses informasi melalui internet. Model hierarki ini dikembangkan dari model hierarki kebutuhan berdasarkan teori motivasi Maslow dan model hierarki kebutuhan produk yang dikembangkan oleh Jordan. Model ini selanjutnya diverifikasi dengan metode Kano untuk mengevaluasi kebutuhan pengguna internet terhadap iklan dan menguji konsistensi dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Melalui mixed methods sequential exploratory design diperoleh bahwa kebutuhan yang paling mendasar dari iklan adalah inforn1asi (iklan harus bersifat informatif). Urutan hierarki sesuai dengan model hierarki kebutuhan yang dirancang, yaitu informatif - kredibilitas - interaktif - pleasure / entertainment. Urutan hierarki kebutuhan konsumen tersebut tidak berbeda meskipun di lakukan segmentasi berdasarkan jenis kelamin, usia, dan peke1jaan. Berdasarkan klasifikasi Kano, tidak juga ditemukan perbedaan klasifikasi yang signifikan. en_US
dc.publisher Magister Teknik Industri Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.title Perancangan dan identifikasi karakteristik model hirarki kebutuhan konsumen terhadap iklan internet en_US
dc.type Master Theses en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account