Desain rumah sebagai produk usaha

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wilianto, Paulus Herman
dc.contributor.author Salura, Purnama
dc.date.accessioned 2017-07-14T06:13:24Z
dc.date.available 2017-07-14T06:13:24Z
dc.date.issued 1997
dc.identifier.other tes94
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2578
dc.description.abstract Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang semakin meningkat, selain memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan penduduk, juga mengakibatkan peningkatan kebutuhan akan perumahan. Produk perumahan (residential-estate) yang bermunculan dikota - kota besar, merupakan antisipasi dari kebutuhan akan perumahan diatas. Perkembangan yang diakibatkan oleh adanya tarik-menarik antara permintaan (demand) dan penawaran (supply) ini, secara tidak disadari menciptakan suatu bentuk lingkungan perumahan yang mempunyai karakter fisik beraneka ragam. Seperti diketahui rumah disamping sebagai suatu kebutuhan dasar, juga merupakan sebuah hasil karya arsitektur, yang dalam tatanan lebih luas, merupakan sebuah lingkungan kota. Pentingnya keberhasilan perumahan sebagai sebuah produk usaha dan keberhasilan perumahan sebagai hasil karya arsitektur yang berperan sebagai pembentuk lingkungan kota yang baik dan tertib, digali melalui studi ini dengan hipotesa Bahwa produk perumahan yang menitik beratkan nilai desain arsitektur (sesuai dengan kaidah desain arsitektur dan kota) akan cenderung menciptakan keberhasilan perumahan sebagai sebuah produk usaha. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan yang mengambil kasus pada daerah perumahan Griya-Mas dan Kumala-Garden di Sukawarna Bandung Barat. Pengolahan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari responden penghuni, responden pengembang dan responden arsitek, kemudian dikuantifikasikan, kemudian diperbandingkan. Dimana dari hasil interpretasi data ternyata didapat bahwa hipotesa yang diajukan didukung. Karena keterbatasan sampel yang distudi serta penekanan yang dilakukan pada lingkup pokok bahasan, kesimpulan yang ditarik dalam studi ini masih bersifat kondisional. Walaupun demikian lewat studi ini dapat diidentifikasi bahwa perumahan sebagai sebuah produk usaha, harus diperlakukan berbeda dengan consumer-goods, dimana peran aktif calon pengguna merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, agar tercipta keberhasilan perumahan sebagai sebuah produk usaha. Terakhir diajukan beberapa masukan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi secara umum dalam disiplin ilmu arsitektur, khususnya pada desain perumahan. Diantaranya adalah pentingnya kesiapan penentu kebijakan dengan aturan tiga dimensi (urban guide lines), dan juga perlunya diberlakukan dengan segera kualifikasi tertentu (licences and registration) untuk para arsitek dan pengembang. en_US
dc.publisher Magister Teknik Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.title Desain rumah sebagai produk usaha en_US
dc.type Master Theses en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account