Abstract:
Pada saat ini, pembiayaan operasional Unpar masih dominan berasal dari biaya studi para mahasiswa, sehingga “sustainability” Unpar bergantung kepada mahasiswa. Sementara itu, kompetisi perekrutan calon mahasiswa baru antar perguruan tinggi juga semakin keras. Oleh karena itu, Unpar perlu melakukan perencanaan strategi perekrutan mahasiswa yang efektif. Analisis data penerimaan mahasiswa baru (PMB) dan data akademik mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan informasi atau
pengetahuan yang berharga untuk mendukung perencanaan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis data PMB dan akademik dan diharapkan dapat menghasilkan menghasilkan:
a. Trend peminat Unpar, fakultas dan program studi di Unpar.
b. Keterkaitan antara asal sekolah dan daerah calon mahasiswa dengan kecenderungan pemilihan program studi di Unpar.
c. Keterkatian antara jalur seleksi masuk Unpar (PMDK, USM I, USM II) dengan kecenderungan pemilihan program studi di Unpar.
d. Keterkaitan antara asal sekolah dan daerah calon mahasiswa dengan kecenderungan prestasi mahasiswa di Unpar.
e. Keterkaitan antara jalur seleksi masuk Unpar (PMDK, USM I, USM II) dengan kecenderungan prestasi mahasiswa di Unpar.
Untuk mencapai tujuan, metodologi penelitian yang diterapkan adalah: pengumpulan data USM & akademik, pemilihan data yang relevan dengan tujuan, analisis data dengan teknik queri basisdata, penyusunan laporan yang berisi hasil analisis data dan saran pemanfaatan hasil analisis. Adapun batasan data yang akan dianalisis adalah:
a. Data yang digunakan adalah data PMB dan akademik yang tersimpan di basisdata Biro Teknologi Informasi (BTI) Unpar, yaitu untuk data S1 dan D3 (data Pasca Sarjana belum tersimpan di basisdata BTI).
b. Data yang dianalisis adalah data yang direkam mulai dari tahun 2000 s/d 2009.
c. Analisis dilakukan hanya berdasarkan data dan tidak dikaitkan dengan faktor-faktor internal dan eksternal lainnya.
Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah:
a. Analisis data PMB dan akademik telah menghasilkan informasi atau pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk evaluasi dan rencana pengembangan program studi, fakultas dan Unpar secara umum.
b. Setelah total peminat Unpar turun terus sejak tahun 2000, mulai tahun 2007 trend peminat Unpar mulai naik. Kenaikan ini terutama berasal dari peminat USM-3 dan PMDK.
c. Peminat Unpar terbanyak berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.
d. Siswa-siswa dari SMA tertentu memilik prodi-prodi favorit di Unpar.
e. Ada pola-pola tertentu yang ditemukan dalam pemilihan prodi pada Pilihan-1 dan Pilihan-2, juga dalam pemilihan prodi pada USM-1, USM-2 dan PMDK.
f. Mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari beberapa SMA tertentu berprestasi lebih baik dibandingkan dengan SMA-SMA lainnya.
g. Secara umum, prestasi mahasiswa/i yang direkrut melalui jalur PMDK lebih baik dibandingkan dengan yang dari USM-1, sedangkan yang dari USM-1 lebih baik dibanding dengan USM-2.
Informasi di atas dapat dimanfaatkan dalam perencanaan strategi perekrutan calon mahasiswa. Website yang memuat hasil penelitian (agar dapat diakses dengan mudah oleh warga Unpar yang berkepentingan) saat ini sedang dikembangkan.