Abstract:
Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) mulai ada kemudian berkembang setelah terjadinya krisis ekonomi tahun 1997 – 1998. Pelaksanaan CSR di Indonesia masih belum banyak diterapkan secara keseluruhan oleh para perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya, sementara potensi sasaran CSR sangat besar, seperti kerusakan lingkungan, pengangguran, putus sekolah dan kemiskinan.
Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu metode deskriptif, pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan teknik dokumentasi. Meneliti tentang evaluasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra Internasional Tbk. Dengan meneliti bagaimana perkembangan program csr yang di jalankan oleh Astra pada setiap tahunnya. Dan juga meneliti bagaimana hubungan csr dengan citra perusahaan yang akan berdampak secara langsung terhadap laporan keuangan Astra.
Penelitian ini menghasilkan suatu pembahasan bahwa Astra telah telah melakukan penyesuaian program csrnya. Namun Astra tidak menargetkan seberapa peningkatan laporan keuangannya setelah melakukan program csr. Astra telah menunjukkan komitmennya dalam melakukan program csr sebagai salah satu tanggung jawab sosialnya terhadap peraturan yang ada demi keberlanjutan bisnisnya dalam jangka panjang. Sehingga secara tidak langsung maka Astra telah berhasil membuat sebuah citra perusahaan yang baik di mata para pemangku kepentingan, masyarakat, dan pemerintah.