Abstract:
Inovasi dalam sebuah dunia usaha sangat dibutuhkan, karena dunia usaha bukan hanya membicarakan profit saja, tetapi sebuah bisnis memerlukan pencapaian yaitu produk baru dalam bisnisnya atau yang sering disebut sebagai Inovasi produk. Dalam setiap rancangan strategi inovasi sebuah bisnis tidak lepas dari beragam inovasi yang dibuat dan dikenalkan pada konsumen, inovasi tersebut akankah diminati atau tidak. Inovasi juga dibutuhkan untuk melawan kompetitor dalam bentuk usaha sejenis. Saat ini yang sedang digemari oleh banyak masyarakat adalah bisnis rumah makan, yang salah satunya adalah berbisnis café& resto, yang salah satu pelaku bisnisnya adalah Giggle Box. Diikuti oleh pertumbuhan penduduk yang makin pesat akan membutuhkan kebutuhan pangan dan membuat peluang bagi bisnis café&resto, karena Giggle Box sendiri dikenal sebagai café yang awal mulanya berdiri di Bandung, Indonesia. Melihat peluang tersebut, Giggle box yang sudah terkenal sebagai leader di bidang bisnis ini memerlukan strategi Inovasi yang tepat untuk menjangkau banyak pasar yang lain.
Penelitian ini pada dasarnya menggunakan penelitian deksriptif dan menggunakan metode studi kasus, teknik analisis data menggunakan perbandingan antara teori-teori dengan informasi yang didapatkan peneliti dari lapangan. Lalu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, studi kepustakaan, dan wawancara.
Secara menyeluruh, didasarkan dari analisa peneliti menggunakan five porter analysis dipaparkan mengenai situasi perkembangan perusahaan secara menyeluruh dan diidentifikasi mengenai SWOT analysis (strength, weaknesess, opportunities, and threat) yang dimiliki oleh perusahaan, EFAS dan IFAS Matrix (dengan tujuan mengetahui seberapa besar perusahaan dapat mengatasi keadaan internal dan eksternal perusahaan).