Abstract:
Milenial adalah generasi yang unik, cenderung menghabiskan pendapatan mereka melaluibelanja online dalam kehidupan sehari-hari mereka. Milenial Indonesia selalumengembangkan diri untuk mengantisipasi perubahan akibat kemajuan teknologi. Hal inimenjadi peluang bagi penjual online untuk meningkatkan loyalitas online generasi milenial diIndonesia. Generasi milenial sekarang menggunakan blog, mesin pencari, komunitas internet,media sosial, sistem ulasan konsumen dan layanan pesan instan online untuk mengumpulkandan menyebarkan informasi produk. Alat-alat tersebut merupakan bagian dari jaringan e-WOM dan digunakan untuk pencarian informasi, pengambilan keputusan, dan pembentukanloyalitas merek. Research gap penelitian ini yaitu mengukur e-WOM, e-brand experience, e-trust, e-satisfaction, e-brand love serta e-loyalty pada generasi milenial. Tedapat penelitianyang mengukur e-brand experience, e-trust, e-satisfaction, e-brand love khususnya dalammengetahui dampakanya terhadap e-loyalty pada website/platform e-commerce namun belumada yang berfokus hanya pada generasi milenial. Pada penelitian ini yang menjadi objekpenelitian adalah 4 e-commerce yang yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada.Karena keempat e-commerce tersebut merupakan platform e-commerce menjadi pilihanutama generasi milenial (Annur, 2022). Dan subjek penelitian nya adalah generasi milenialyang pernah berbelanja pada keempat platform e-commerce tersebut dan minimal berbelanjaminimal 2x dalam 3 bulan terakhir. Kuesioner disebar secara online melalui linkmenggunakan google form pada sosial media seperti whatsapp dan Instagram. Setelahmelakukan pengumpulan responden berdasarkan kriteria selama kurang lebih 2 bulan makaakhirnya terkumpul total 516 responden dimana 438 responden memenuhi kriteria.Selanjutnya peneliti melakukan tabulasi data menggunakan Microsoft excel untuk mendapatprofil responden serta melakukan pengolahan data dari 438 responden menggunakan SMARTPLS 4.1.0.0. Hasil menunjukkan bahwa keenam variable memiliki pengaruh secara langsungdan terdapat 4 jalur secara tidak langsung secara mediasi penuh.