Abstract:
Internet memegang peran penting dalam komunikasi, akses informasi, dan
transaksi online, mendorong bisnis untuk menggunakan platform digital sebagai
sarana promosi. Di Indonesia, dengan 139 juta pengguna media sosial pada 2024,
Instagram menonjol sebagai platform utama dengan 85,3% pengguna internet aktif
di dalamnya. Instagram tidak hanya populer tetapi juga disukai, menjadikannya alat
efektif untuk periklanan digital. Salah satu alasan efektivitasnya adalah karena
terdapat celebrity endorser. Fadil Jaidi merupakan salah satu celebrity endorser
yang dikenal dengan konten kreatif endorse-nya, hasil pre-kuesioner menunjukkan
bahwa Fadil Jaidi merupakan celebrity endorser yang baik dan memiliki customer
trust yang baik. Berdasarkan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh celebrity endorser, Fadil Jaidi, terhadap customer trust pada
pengikutnya di Instagram Story pada produk pakaian.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan
sampel nya adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Terdapat
sebanyak 161 responden dengan kriteria yang telah ditentukan yang sudah diuji
menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari
Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Heteroskedastisitas serta Analisis Regresi
Linear Sederhana dengan SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa celebrity endorser berpengaruh
positif terhadap customer trust dengan signifikansi 0,000, lebih kecil dari 0,05.
Nilai R Square sebesar 0,413 mengindikasikan bahwa celebrity endorser
mempengaruhi customer trust sebesar 41,3%, dengan 58,7% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain.