Abstract:
Literasi digital menjadi penting di era revolusi industri 4.0, di mana
teknologi digital mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk cara berbagi
pengetahuan di lingkungan kerja. Dampak dari perkembangan transisi digital,
dapat mempengaruhi bagaimana proses penggunaan teknologi, keterampilan dan
pengetahuan seseorang dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
Demikian bagaimana pekerja memiliki wawasan akan literasi digital tersebut
diduga akan meningkatkan niat berbagi pengetahuan pada lingkungan kerja
mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital
terhadap niat berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing Intention) pada pekerja di
departemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemasaran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode survei dan
wawancara. Data dikumpulkan dari 65 responden yang bekerja di departemen
SDM dan Pemasaran di berbagai perusahaan di Indonesia, kemudian dilanjutkan
dengan wawancara ke beberapa pegawai yang terpilih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap niat berbagi pengetahuan. Analisis regresi linear
sederhana mengungkapkan bahwa setiap peningkatan satu poin dalam literasi
digital akan meningkatkan niat berbagi pengetahuan sebesar 0.334 poin. Temuan
ini menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi digital individu, semakin besar
kecenderungannya untuk berbagi pengetahuan dengan rekan kerja.