dc.description.abstract |
Setelah pandemi Covid–19 banyak orang mulai mencoba online shopping sebagai cara berbelanja. Salah satu tempat untuk berbelanja online adalah melalui e-commerce. Di Indonesia Lazada merupakan e–commerce yang berada posisi ketiga dalam jumlah kunjungan dengan selisih yang cukup jauh dengan pesaing diatasnya. Selain dalam jumlah kunjungan Lazada juga mempunyai selisih yang cukup jauh dalam hal GMV. Salah satu penentu konsumen untuk menggunakan perusahaan kembali e-commerce adalah online shopping experience atau pengalaman yang mereka dapatkan saat berbelanja online. Terdapat beberapa indikator yang dapat digunakan untuk melihat online shopping experience seperti product experience, convenience, payment method dan trusted website. Indikator tersebut akan menjadi variabel dalam independen pada penelitian ini dengan variabel dependen niat beli ulang di Lazada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen dari setiap variabel dan pengaruh variabel dependen terhadap independen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 97 responden dengan kriteria sudah pernah melakukan transaksi di Lazada. Pengujian pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan beberapa uji statistik lain. Hasil analisis persepsi konsumen terhadap product experience, convenience, payment method, dan trusted website masih negatif. Persepsi konsumen juga masih negatif terhadap niat beli ulang di Lazada. Dari hasil analisis regresi didapatkan hasil pengaruh product experience, convenience dan payment method terhadap niat beli ulang di Lazada tidak berpengaruh signifikan, sedangkan pengaruh trusted website terhadap niat beli ulang di Lazada berpengaruh signifikan. Penelitian ini hanya dapat menjelaskan 42,4% terhadap niat beli ulang di Lazada dan 57,6% lainnya dijelaskan oleh faktor lain. Maka dari itu, penulis memiliki harapan bahwa Lazada dapat memberikan perbaikan pada Product Experience, Convenience, Payment Method, dan Trusted Website dengan memperbaiki interface, mengawasi penjual di Lazada, dan memberikan metode pembayaran yang lebih banyak kepada pengguna. |
en_US |