dc.contributor.advisor |
Rahardjo, Paulus Pramono |
|
dc.contributor.advisor |
Lim, Aswin |
|
dc.contributor.author |
Wijaya, Wellyanto |
|
dc.date.accessioned |
2024-10-09T01:21:29Z |
|
dc.date.available |
2024-10-09T01:21:29Z |
|
dc.date.issued |
2021 |
|
dc.identifier.other |
tes2320 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/18941 |
|
dc.description |
TES-PMTS WIJ a/21 |
en_US |
dc.description.abstract |
Terowongan Cisumdawu merupakan terowongan jalan tol pertama di Indonesia dengan panjang 472m. Terowongan tersebut merupakan twin tunnel dimana terdapat dua terowongan bersebelahan. Sistem proteksi yang digunakan adalah umbrella grouting dengan metode galian NATM. Pemilihan metode galian dan sistem proteksi dikarenakan terowongan termasuk jenis terowongan tanah lunak yang memiliki stand-up time rendah. Analisis deformasi terowongan menggunakan metode elemen hingga 3D dengan bantuan program Midas GTS-NX diharapkan dapat menggambarkan deformasi terowongan yang terjadi akibat konstruksi galian di lapangan. Analisis dilakukan dalam dua
pemodelan yaitu single tunnel dan twin tunnel untuk mengetahui pengaruh dari konstruksi twin tunnel terhadap deformasi terowongan dan penurunan tanah permukaan. Tahapan konstruksi dan sistem proteksi dalam pemodelan disesuaikan dengan konstruksi di lapangan. Parameter tanah dalam analisis diambil berdasarkan data Pressuremeter dan pengeboran yang dilakukan. Hasil analisis 3D twin tunnel menunjukkan deformasi maksimum sebesar 3.3 & 4.4 cm sedangkan hasil aktual monitoring sebesar 3.3 & 4.3 cm diukur mengikuti pembacaan monitoring. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pemodelan analisis 3D FEM dengan parameter dari PMT menunjukkan hasil yang menggambarkan kondisi deformasi aktual di lapangan. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan pada studi tersebut, konstruksi terowongan bersebelahan meningkatkan deformasi lateral terowongan (+40%) dan penurunan permukaan (+61%) jika dibandingkan dengan konstruksi single tunnel. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan |
en_US |
dc.subject |
TWIN TUNNEL |
en_US |
dc.subject |
PMT |
en_US |
dc.subject |
NATM |
en_US |
dc.subject |
UMBRELLA GROUTING |
en_US |
dc.subject |
MIDAS 3D |
en_US |
dc.title |
Analisis metode elemen hingga 3D terowongan ganda dengan proteksi Umbrella Grouting dan metode galian NATM : studi kasus Terowongan Cisumdawu |
en_US |
dc.type |
Master Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM8101901036 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0415015402 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0410038601 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI810#Teknik Sipil |
|