dc.description.abstract |
Di era globalisasi ini, pertumbuhan teknologi ini berkembang sangat pesat dan semakin pesat.
Salah satunya adalah penggunaan internet. Dengan adanya internet kini tidak hanya digunakan
untuk berkomunikasi melainkan untuk kegiatan untuk menggunakan layanan untuk memesan
taxi/ojek secara online. Pertumbuhan transportasi online ini meningkat setiap tahunnya, dimana
sudah ada beberapa aplikasi online lainnya. Tentunya setiap aplikasi akan bersaing untuk
menjadi yang terbaik salah satu aplikasinya adalah Mybluebird. Namun, berdasarkan hasil
pengamatan dari penulis ditemukan perbedaan yang signifikan antara Mybluebird dengan
aplikasi taxi/ojek online lainnya berdasarkan jumlah unduhan di playstore. Berdasarkan hasil
preliminary research, 10 dari 11 orang responden menyatakan tidak tertarik untuk
menggunakan aplikasi Mybluebird. Mereka beralasan bahwa aplikasi dari Mybluebird
memiliki tarif argo yang mahal dan sudah memiliki aplikasi taxi atau ojek online lainnya yang
mirip dengan Mybluebird. Selain itu juga responden tidak mau memakai aplikasi Mybluebird
karena sudah mempunyai kendaraan pribadi sendiri
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan customer
perceived value terhadap intention to use aplikasi MyBlueBird. Penelitian ini merupadakan
penelitian applied research yang menggunakan metode explanatory dan cross sectional. Dalam
penelitain ini, data sampel diambil dengan menyebar kuesioner kepada 202 orang respoden
yang memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel adalah non probabilty sampling dengan
tipe judgemental sampling atau purposive sampling. Kriteria dari responden adalah sudah
pernah mendengar/mengetahui tentang aplikasi Mybluebird.
Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis deskriptif statistik, ditemukan bahwa
seluruh dimensi brand imange yaitu brand strenght, brand favorability, brand uniqueness
memilki interpretasi yang sangat buruk. Lalu untuk ketiga dimensi variabel customer perceived
value yaitu core product value, service value, relationship value memiliki interpretasi yang
buruk. Selanjutnya, ditemukan juga bahwa intention to use terhadap aplikasi Mybluebird ini
juga berada pada taraf yang sangat rendah
Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SEM-PLS, brand image ditemukan memiliki
pengaruh positif terhadap intention to use sebesar 47,5%. Lebih lanjut, customer perceived
value memiliki pengaruh positifif signifikan terhadap customer perceived value sebesar 22,4%. |
en_US |