Pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat pakai ulang maskapai penerbangan Lion Air

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Prawiradilaga, Sharfina Reyhana Neysa
dc.date.accessioned 2024-10-07T04:21:43Z
dc.date.available 2024-10-07T04:21:43Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46159
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18933
dc.description 25227 - FE en_US
dc.description.abstract Pada era yang semakin maju ini memenangkan persaingan menjadi kunci keberhasilan bagi para pelaku usaha dalam menawarkan produk tidak terkecuali pada sektor jasa transportasi. Salah satu pemberi jasa transportasi adalah perusahaan penerbangan atau biasa dikenal dengan maskapai penerbangan. Banyak maskapai penerbangan bersaing untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, salah satunya yaitu Lion Air. Namun, berlandaskan pengamatan yang dilakukan, penulis banyak menemukan ulasan yang tidak menguntungkan dari pelanggan terkait maskapai penerbangan Lion Air di situs Tripadvisor dan Skytrax Airline Quality. Berlandaskan hasil preliminary research, 10 dari 12 responden pernah menggunakan maskapai penerbangan Lion Air, mereka memiliki pengalaman yang kurang baik dalam melakukan perjalanan, sehingga tidak ingin menggunakan kembali maskapai Lion Air. Alasan mereka tidak ingin menggunakan kembali maskapai Lion Air karena kualitas pelayanan yang diberikan kurang baik, seperti jadwal yang sering berubah, customer service kurang informatif dan tidak empati terhadap pelanggan, entertainment di dalam pesawat tidak ada, dan kondisi pesawat kurang bersih. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X) beserta dimensinya (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap niat pakai ulang (Y) pada maskapai penerbangan Lion Air. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode cross-sectional, dan metode explanatory. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan pengambilan data sampel menggunakan non-probability sampling yaitu judgement sampling dengan kriteria responden yaitu pelanggan yang pernah menggunakan maskapai Lion Air satu tahun ke belakang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 200 responden, kemudian hasilnya dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berlandaskan hasil pengolahan data, ditemukan bahwa dimensi tangible, reliability, assurance, dan empathy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pakai ulang dengan kontribusi sebesar 84,2%. Sedangkan dimensi responsiveness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat pakai ulang maskapai penerbangan Lion Air. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject KUALITAS PELAYANAN en_US
dc.subject MASKAPAI PENERBANGAN en_US
dc.subject LION AIR en_US
dc.subject NIAT PAKAI ULANG en_US
dc.title Pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat pakai ulang maskapai penerbangan Lion Air en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901167
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account