Abstract:
PTS "X" sebagai perguruan tinggi swasta yang sudah berusia legih dari setengah abad mulai mengalami penurunan jumlah mahasiswa selama empat tahun terakhir, terutama dengan semakin banyaknya PTS-PTS baru yang muncul dengan penawaran fasilitas, program studi, dan promosi yang dipersepsikan lebih baik dari pada PTS "X". Disamping itu, dalam tiga tahun terakhir ini, mulai dirasakan semakin meningkatnya jumlah keluhan mahasiswa terhadap PTS "X".
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan mahasiswa PTS "X" akan bauran pemasaran jasa pendidikan di PTS "X", serta pengaruhnya terhadap loyalitas mahasiswa pada PTS "X". Dimensi-dimensi bauran pemasaran jasa pendidikan yang dalam penelitian ini, menggunakan pendapat dari Kotler & Fox (1995), yaitu meliputi Product (berupa Program Educational dan Program Tambahan), Price (biaya pendidikan), Place, Promotion, People
(dosen & karyawan), Process, dan Physical Evidence (kondisi fisik). Kepuasan mahasiswa dihitung dari selisih antara harapan dan persepsi atas kinerja bauran pemasaran jasa pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, perbandingan dan kausal. Populasinya meliputi mahasiswa PTS "X" selain Fakultas Filsafat. Sampel yang digunakan sebanyak 383 mahasiswa yang terdiri dari 6 Fakultas di PTS "X" yang diambil secara proporsional dan menggunakan judgement sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner selama bulan Desember 2007, dan dianalisis dengan menggunakan rata-rata hitung, kurva nilai tingkat kepuasan, serta
analisis regresi sederhana (simple regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PTS "X" tidak puas atas bauran
pemasaran jasa pendidikan di PTS "X", terutama pada dimensi biaya pendidikan, kecuali mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) terutama tidak puas pada dimensi proses. Sedangkan pada dimensi program edukasional, ketidakpuasan mahasiswa adalah paling rendah, kecuali pad a mahasiswa FE adalah dimensi biaya. Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) merasa paling tidak puas diantara semua fakultas, sedangkan mahasiswa Fakultas MIPA ketidakpuasannya paling rendah.
Faktanya, mahasiswa masih cukup loyal terhadap PTS "X", sebagai
almamaternya. Tingkat kepuasan mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitasnya pada PTS "X", sebesar 3,2%.