Abstract:
Ketergantungan terhadap kendaraan pribadi menjadi masalah utama di perkotaan, dimana
transportasi berkelanjutan menjadi solusi perrmasalahan tersebut. Salah satu transportasi
berkelanjuan, yakni sepeda listrik menjadi opsi dalam mengurangi penggunaan kendaraan tidak
berkelanjutan khususnya mahasiswa. Untuk mengetahui preferensi mahasiswa dalam membeli
sepeda listrik yang sesuai dengan karakteristik perjalanan, maka dibutuhkan studi yang dapat
memodelkan probabilitas pemilihan sepeda listrik dengan atribut yang berpengaruh terhadap
keputusan responden. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik perjalanan mahasiswa UNPAR dan pengaruh karakteristik perjalanan terhadap pemilihan sepeda listrik. Karakteristik perjalanan pada penelitian ini mencakup jarak, fekuensi dan tujuan perjalanan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Metode Stated Preference digunakan dan dimodelkan menggunakan Model Multinomial Logit (MNL). Hasil pemodelan, menunjukan bahwa semakin besar variabel frekuensi bersepeda nilai probabilitas akan mengalami penurunan probabilitas, sedangkan semakin besar variabel jarak nilai probabilitas akan semakin besar. Semakin besar Indeks Massa Tubuh responden nilai probabilitas meningkat dengan responden cenderung memilih sepeda Pedelec Electric Bike dengan probabilitas reratanya 4,01%.